Koperasi di Tomohon Dilatih Manajemen Pengelolaan

TOMOHON, MANADONEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melakukan pelatihan bagi pengurus koperasi, Rabu (28/8) di Hotel Wise. Narasumber kegiatan ini adalah Sekretaris Daerah Kota Tomohon Harold Lolowang, Clara A Polii SE MSi Kepala Balai Pelatihan Koperasi Provinsi Sulut, dan Eduard Mantow SE. Wakil Ketua Dekopinda Kota Tomohon.

Kadis Koperasi Jane Mendur SE mengatakan, pada saat penilaian koperasi berprestasi tingkat kota Tomohon, hanya sekitar 20 persen koperasi aktif yang dapat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Setelah dicek ternyata koperasi yang belum mengadakan RAT, rata-rata belum dapat membuat laporan pertanggungjawaban dari pelaksanaan kegiatan di koperasi tersebut.

“Koperasi yang tidak mengadakan RAT dikategorikan sebagai Koperasi yang tidak sehat, dan Jika 3 kali tidak dapat melaksanakan RAT sudah akan diusulkan untuk dibubarkan. Seharusnya 2 kali, tetapi untuk Kota Tomohon diberikan dispensasi,” katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan hal di atas, Dinas Koperasi berinisiatif untuk mengadakan pelatihan ini. “Tentunya diharapkan para peserta yang diundang dapat berkonsentrasi dan fokus dengan materi agar ada pemahaman dan fokus agar ilmu yang diperoleh dapat diterapkan,” katanya.

Baca Juga:  Eman hadiri Rakor dan supervisi program pemberantasan korupsi.

Lolowang mengatakan, inti dari manajemen adalah administrasi, inti dari administrasi adalah leadership. Inti dari Leadership adalah integritas. “Penerapan manajemen pertama di Alkitab adalah Nabi Musa dalam memimpin umat Israel keluar dari tanah Mesir,” katanya.

(Youngky)