Urus Paspor di Tomohon Bisa Antri Secara Online

TOMOHON, MANADONEWS- Kepala Kementerian Hukum & HAM Republik Indonesia Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado Friece Sumolang mengatakan, warga Tomohon sudah bisa antri membuat paspor secara online.

Ia mengatakan, telah dilaksanakan pelayanan Penerbitan Paspor RI di Mal Pelayanan Publik Wale Kabasaran Kota Tomohon oleh Kantor Imigrasi Manado sejak 21 April 2018. Pada saat itu pemberian antrean permohonan paspor masih secara manual.

Terhitung mulai 12 Agustus 2019, antrean paspor RI di MPP diwajibkan menggunakan aplikasi pendaftaran antrean secara online, bernama Layanan Paspor Online yang dapat diundah pada handphone berbasis android dan iOS.

Hal ini tertuang dalam surat Kepala Kemenkumham Manado No : W.27.IMI.IMI.1-GR.01.01-1192. Tentang Penggunaan Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Secara Online pada Pelayanan Paspor RI di Mal Pelayanan Publik Wale Kabasaran Tomohon. Masyarakat dapat pula mengakses melalui browser dengan laman : //antrian.imigrasi.go.id/Layanan.

Ia menambahkan, masyarakat Tomohon dan sekitarnya kiranya dapat menggunakan aplikasi ini untuk kemudahan pelayanan dalam pengurusan paspor.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA bersama jajaran pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon, menyambut baik serta memberikan apresiasi atas penggunaan aplikasi ini.

Baca Juga:  Sekda Tahlis Buka Diklat GP Ansor Bolmong

“Manfaatkan kemudahan dalam pengurusan paspor yang dilayani di MPP Kota Tomohon. Kapan pun, dimana pun serta kemanapun Anda ketika akan mengurus paspor, silakan ke Mal Pelayanan Publik Kota Tomohon,” katanya.

Menurut Eman, urus paspor melalui loket imigrasi, tentu dengan membawa Kelengkapan berkas untuk pengurusan paspor, yakni fotokopi KTP, fotokopi KK /Akte Lahir /Surat Nikah / ijazah, paspor/SPLP Lama, Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian, Surat Rekomendasi/izin atasan/sponsor, Surat Kuasa/Kartu Tanda Penuturusan Keimigrasian. Juga mengisi formulir yang disiapkan Kantor Imigrasi.

(Youngky)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
989 votes

This will close in 10 seconds