Peringati Tahun Baru islam, Pemkot Kotamobagu Gelar Do’a dan Tausiyah

MANADONEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bekerjasama dengan Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) telah menggelar do’a dan Tausiyah dalam rangka peringatan tahun baru islam 1 muharram 1441 hijriah yang dilaksanakan di Lapangan Boki Hotinimbang, Minggu (1/9/2019).

Peringatan Do’a dan Tausiyah yang bertemakan, “Mari berhijrah menuju hidup berkah,” Dibuka langsung oleh Wali Kota Kotamobagu serta menghadirkan penceramah dari luar daerah, yakni bapak Hi. Abdurahman H. MAMahrus, Lc. MA.

Wali Kota Kotamobagu Dalam Sambutan menyampaikan, Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan peringatan tahun baru islam pada malam hari ini tentunya harus dapat kita jadikan sebagai momentum untuk merenungkan kembali apa yang telah tergoreskan dalam sejarah syiar islam.

“Dimana hijrahnya rasulullah dan para sahabatnya dari kota mekkah ke kota madinah yang juga menjadi awal dari perhitungan tahun hijriyah menjadi sangat bersejarah yang sangat monumental dalam perjalanan umat islam,” ucap Wali Kota.

Ia menambahakan, selain mencerminkan akan keteguhan kesabaran serta ketabahan Rasulullah SAW bersama para sahabatnya dalam menghadapi ujian dan tantangan untuk menegakkan kebenaran dalam melaksanakan syiar islam.

Baca Juga:  Makagansa Hadiri Peresmian Sekretariat DPD PDIP Sulut

“Peristiwa hijrah tersebut juga memiliki makna penting dan sosial kemasyarakatan dimana pada momentum tersebut juga telah mempersaudarakan antara kaum muslimin yang berasal dari kota mekkah dengan penduduk yang ada di kota madinah,”ujarnya.

Lanjutnya, Rasulullah SAW membangun umat islam dan masyarakat kota madinah yang terdiri dari berbagai suku dengan sangat baik.

“Rasulullah SAW menegakkan hukum secara adil menghapus kezaliman menghormati hak asasi manusia menumbuhkan musyawarah menciptakan ketertiban serta hidup dalam suasana penuh toleransi di antara penduduk madina,”jelasnya.

Wali Kota Juga Mengimbau pada menghimbau serta mengajak kepada seluruh masyarakat kotamobagu untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan diantara kita semua serta menolak tegas semua tindakan rasisme, ujaran kebencian serta berita hoax maupun isu sarah yang disampaikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan untuk memecah belah persatuan kita semua sebagai sesama anak bangsa.

“Melalui kesempatan ini saya atas nama pribadi pemerintah daerah ini dan atas nama seluruh masyarakat kotamobagu ingin menyampaikan dengan tegas bahwa kami seluruh masyarakat kotamobagu sangat mencintai saudara-saudara kami di papua karena papua merupakan bagian dari negara kesatuan republik indonesia,” imbaunya.

Baca Juga:  Disaksikan Gubernur Olly, Eksel Runtukahu Cetak Gol Berkelas Saat Injury Time

Hadir pada peringatan Doa’a dan tausiyah malam ini, Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan SH, Ketua TP-PKK Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta, Sekda Kotamobagu Sande Dodo, seluruh Forkopimda dan seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kotamobagu, Camat, lurah, sangadi, Imam, Pegawai Syar’i, Guru ngaji, THL, BKMT, Perangkat Desa dan Kelurahan, beserta masyarakat Kota Kotamobagu.

(Advetiorial/MLS)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *