Pemkot Tomohon Evaluasi Pencapaian Kinerja

TOMOHON, MANADONEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Rapat Koordinasi (rakor) Penguatan Akuntabilitas Kinerja Instansi. Rakor yang dipimpin Sekretaris Daerah H Lolowang mewakili Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Lantai II, Rabu (4/9).

Eman dalam sambutan yang dibacakan Lolowang mengatakan, laporan kinerja merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran. Hal terpenting yang diperlukan dalam penyusunan laporan kinerja adalah pengukuran kinerja dan evaluasi serta pengungkapan (disclosure) secara memadai hasil analisa terhadap pengukuran kinerja.

“Laporan akuntabilitas kinerja ini juga digunakan untuk bahan evaluasi pemerintah daerah sejauh mana pencapaian atas target yang telah ditetapkan oleh masing-masing perangkat daerah secara tepat dan terukur,” katanya.

Pada bulan Januari Pemerintah Kota Tomohon telah mendapat penghargaan di Kementerian PAN dan RB RI untuk LKIP tahun 2017 yang dinilai tahun 2018 dengan predikat “B” dengan nilai 62,17. Di mana ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang mendapat predikat “B” dengan nilai 60,03. Ia mengatakan, laporan kinerja yang disusun adalah salah satu bagian dari sistem akuntabilitas kinerja pemerintah (SAKIP) yang dimulai dari perencanaan yang tepat dengan indikator-indikator kinerja yang terukur.

Baca Juga:  Babuk Narkoba Dimusnahkan BNN Bolmong

Yang harus diperhatikan adalah konsistensi antara perencanaan (RPJMD/Renstra/RKPD), penganggaran (APBD/APBDP) serta capaian kinerja yang dilaporkan dalam laporan kinerja pemerintah, dan kedepannya kami akan menerapkan e-SAKIP sehingga LKIP PD maupun LKIP kota akan semakin baik.

Hadir Asisten Umum Dra Lily Solang, Staf Ahli Wali Kota Bidang Administrasi dan SDM Ir Vonny Pontoh MBA, para Sekretaris Dinas/Badan serta yang mewakili.

(Youngky)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *