Pemkab Bolsel Gelar Rakornis Program Inovasi Desa

BOLSEL,Manadonews.co.id-.Pemerintah daerah Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Program Inovasi Desa di Sondana Beach Resto, Kecamatan Bolaang Uki, Rabu (04/9/2019).

Pada kesempatan tersebut, Assisten I Setda Bolsel Ramli Abdul Majid S Pd, yang mewakili Bupati Iskandar Kamaru mengatakan, bahwa Dana Desa (Dandes) yang dikucurkan pemerintah pusat ke seluruh desa di tanah air, pemanfaatannya harus sesuai kebutuhan masyarakat yang ada di desa.

“Pemanfaatan Dandes jangan berdasarkan pada keinginan sangadi,” tegasnya.

Menurutnya, hingga tahun ini, dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat ke 74.950 desa berjumlah sekitar Rp. 257 Triliun.

“Ini angka yang sangat besar, untuk itu pemanfaatannya harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang ada di desa, bukan disesuaikan dengan keinginan Sangadi atau kepentingan lainnya, mengelola anggaran yang begitu besar, tentunya memerlukan pendampingan dan pengawasan agar tidak disalah gunakan,” tambahnya.

Dijelaskannya juga bahwa untuk meminimalisir hal itu, peran tenaga ahli dan pendamping desa juga sangat dibutuhkan.

“Peran aktif pendamping desa sangat dibutuhkan, keterlibatan tenaga ahli dan pendamping desa mulai dari musyawarah tingkat desa sangat diharapkan, selain itu sangat penting untuk memperhatikan pemberdayaan masyarakat, terutama dalam bidang ekonomi,gali potensi desa, jadikan produk unggulan, jangan hanya terfokus pada pembangunan fisik semata,” tuturnya.

Baca Juga:  Wabup Deddy Dukung Program Kemaritiman Diimplementasikan ke Kaum Muda Bolsel

Asisten I Setda Bolsel Ramli Abdul Majid S Pd saat menghadiri kegiatan tersebut didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa yang juga selaku Koordinator Tim Inovasi Kabupaten Ekafrie Van Gobel S STP, Sekretaris Dinas PMD Bolsel Edwin Donald Korompis S IP, Koordinator Kabupaten Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Radius Mokoginta S.Pt,Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna Amri Modeong S.IP, Abdul, Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar Abdul Rivai Mokodompit SE,

Selain itu, kegiatan Rakornis Program Inovasi Desa tersebut juga dihadiri Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa se Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
(Bobby)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *