Keppres Pelamar CPNS Usia 40 Diteken Jokowi, Pemkot Tomohon Tunggu Juknis

TOMOHON, MANADONEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menuggu petunjuk teknis (juknis) dari Kemenpan-RB terkait Pelamar CPNS boleh usia 40 tahun. Juknisnya menyangkut apakah sudah berlaku untuk penerimaan CPNS, serta waktu pembukaan pendaftaran CPNS 2019.

“Tinggal tunggu juknis dari Menpan RI,” katanya,” kata Kepala Badan Kepagawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tomohon Daniel Pontonuwu.

Untuk estimasi jumlah kebutuhan formasi CPNS, Pontonuwu mengatakan usulannya belum masuk. Otomatis begitu pula dengan kualifikasi usia CPNS maksimal 40 tahun ini. “Saat usulan tahun ini belum masuk. Nanti berikut karena regulasi baru,” ujarnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 Tahun 2019. Melalui Keppres ini, pemerintah membuka peluang bagi lulusan Strata 3 (doktoral) dengan batas usia paling tinggi 40 tahun menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk jabatan-jabatan tertentu. Dalam aturan yang diteken pada 3 Juli 2019 tersebut, jabatan-jabatan tertentu yang dimungkinkan untuk pelamar berusia paling tinggi 40 tahun adalah Dokter, Dokter Gigi, Dokter Pendidik Klinis, Dosen, Peneliti, dan Perekayasa.

Baca Juga:  Sekot Tomohon sidak Di beberapa SKPD.

“Untuk jabatan Dokter dan Dokter Gigi dengan kualifikasi dokter spesialis dan dokter gigi spesialis,” bunyi diktum kedua Keppres tersebut seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Selasa (10/9).

Untuk jabatan Dosen, Peneliti, dan Perekayasa, menurut Keppres ini, kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor).

“Usia pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil dihitung saat melamar sebagai calon pegawai negeri sipil,” bunyi diktum kelima Keppres ini. Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2019 ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, yaitu 3 Juli 2019 di Jakarta.

(Youngky/setkab/dtc)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *