Polsek Sibar Terus Patroli Terkait Peningkatan Aktifitas Gunung Karangetang

  • Whatsapp

SIAU,Manadonews.co.id-.Personil Polsek Sibar telah melaksanakan kegiatan Patroli sekaligus memantau kegiatan masyarakat terkait peningkatan aktifitas Gunung Berapi Karangetang, Rabu (18/9/2019).

Patroli ini dipimpin oleh Bawas Aipda Isak Tupalessy dan Panit 2 Binmas Bripka Zem. A. Mamato bersama Ka SPK “A” Bripka W. Pulingkareng dan 2 (dua) anggota jaga.

Bacaan Lainnya

Adapun hasil pelaksanaan patroli, yakni melaksanakan patroli di Pos Gunung Api Karangetang yang berlokasi di kampung Salili dan berkoordinasi dengan Inggus Nadi selaku ketua tim tanggap darurat Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang tentang aktivitas Vulkanik Gunung api tersebut.

Diketahui, jarak luncuran lava ke kali Pangi 1000-1500 M, Leleran Lava 2050 M, – Jarak Leleran Lava 750-800 M,  Jarak Luncuran Ke Kali Namitu Dan Sense 1000-1500 M.

Intensitas luncuran dan Guguran lava sering terjadi dikali Pangi, Namitu dan Sense. Sedangkan potensi Awan Panas berlokasi masih tetap dikali Pangi, Namitu dan Sense. Potensi kerawanan untuk masyarakat Kampung Winangun, Kinali kemungkinan masih kecil karena tumpukannya sering terjadi guguran.

Baca Juga:  Berkaca di 2019, Ferry Liando Ingatkan Pilkada dan Pemilu Serentak Berisiko

Namun, masyarakat tetap dihimbau agar tetap berhati-hati dan waspada terkait apakah ada rekomendasi peningkatan status, untuk saat ini masih berada dilevel III (Siaga).

Salah seorang warga yakni Benyamin Kalebos yang sedang membakar tumpuhkan sampah, diimbau petugas untuk tidak meninggalkan lokasi sebelum api di pastikan padam dan himbauan kembali agar tidak membakar kembali karena dapat mengakibatkan kebakaran hutan.
(Ben)

Pos terkait