Example floating
Example floating
Berita UtamaTomohon

Pemkot Kumpul Pegiat Seni se-Tomohon

×

Pemkot Kumpul Pegiat Seni se-Tomohon

Sebarkan artikel ini

TOMOHON, MANADONEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melaksanakan Forum Group Discuss (FGD) AAB Guest House, Jumat (27/09).

Adapun tema, Pembuatan Dokumentasi Sejarah Budaya Daerah. Di sini, para pegiat seni se-Kota Tomohon dikumpulkan. Guna mengkaji estetika musik kolintang dan menggali nilai-nilai yang terdapat dalam berbagai bentuk seni nusantara.

MANTOS MANTOS

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, menghadirkan Narasumber Ketua Umum Rumah Budaya Nusantara Wale Ma’Zani Joudy Aray, S.Pd.

Narasumber lainnya, Dekan Fakultas Pariwisata Unika De La Sale Manado DR. Stevanus Ngenget, SS, MA, Dosen Ilmu Budaya dan Agama Universitas Denpasar Bali DR. Dominika Dini Afiat, ST, MM, serta Moderator Ambrosius Loho, S.Fils, M.Fils Dosen Unika De La Sale Manado.

Adapun sambutan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman dibacakan Sekda Lolowang.

“Kolintang adalah alat musik tradisional. Namun sesungguhnya istilah tradisional inilah yang sering kali menjadi masalah’ bagi pengembangan kolintang,”

“Kolintang di satu sisi adalah jenis musik tradisional tapi di sisi lain, dari musik yang sedemikian tradisional itu, mengandung nilai estetika yang mendalam. Sampai saat ini, diyakini bahwa musik kolintang akan tetap eksis dan akan terus ada dalam persaingan,”

“Tumbuh dan berkembangnya musik kolintang ini, menunjukkan bahwa proses pemaknaan produk budaya, terkait erat dengan konteks yang melingkupinya,”

“Tiga unsur estetika yang tidak bisa diabaikan, yakni wujud/rupa, bobot/isi, dan penampilan/penyajian. Tiga unsur estetika dalam setiap kesenian tersebut, dimiliki juga oleh musik kolintang,”

“Kajian ini kiranya merupakan awal dari upaya menggali nilai-nilai estetika yang terdapat dalam berbagai bentuk seni di nusantara,”

(Youngky)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *