Example floating
Example floating
Berita UtamaKelautan & PerikananManado

Metode Mars Upaya Pemulihan Ekosistem Terumbu Karang di BTN Bunaken

×

Metode Mars Upaya Pemulihan Ekosistem Terumbu Karang di BTN Bunaken

Sebarkan artikel ini

MANADO,Manadonews.co.id-.Bertempat di perairan Pulau Bunaken, tepatnya Dermaga Alung Banua, Kelurahan Alung Banua, Kecamatan Bunaken Kepulauan, dilaksanakan kegiatan transplantasi karang sebagai upaya pemulihan ekosistem, Sabtu (5/10/2019).

Balai Taman Nasional (BTN) Bunaken mengimplementasikan dengan pendekatan Metode MARS, yakni pemulihan ekosistem karang dengan menggunakan Metode Mars Accelerated Coral Reef Restoration System (MARRS).

MANTOS MANTOS

Metode ini mengembangkan struktur coral melalui rangka laba-laba yang digunakan untuk mencangkok terumbu karang yang dinilai mampu mengembalikan fungsi dan struktur terumbu karang, sekaligus menyediakan dasar untuk pemulihan habitat.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di Dermaga Alung Banua, Pulau Bunaken dengan mengajak mitra seperti Pemerintah Kota Manado yang diwakili oleh Pemerintah Kecamatan Bunaken Kepulauan, dive center, masyarakat, bahkan anak-anak Sekolah Dasar di Alung Banua antusias mengikuti dan terlibat menanam karang.

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita berkomitmen dan mengajak para pihak untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan karang.

“Kita ketahui bersama, karang tidak hanya menyajikan keindahan, tetapi juga sebagai habitat ikan berkembang dan memijah,” ujarnya.

Walikota Manado dalam sambutan yang disampaikan oleh Camat Bunaken Kepulauan Robert Dauhan menyampaikan, lemerintah Kota Manado sangat mengapresiasi kegiatan ini, potensi kekayaan alam ini tidak hanya dimiliki oleh Kota Manado atau Sulawesi Utara tetapi juga Indonesia, bahkan Dunia.

Menjaga dan melestarikan ekosistem Taman Nasional Bunaken bukan hanya kewajiban tetapi menjadi kebutuhan kita semua.

“Karena sejatinya kekayaan alam ini diciptakan untuk kemaslahatan kita semua dan generasi yang akan datang,” jelasnya.

Kegiatan ini adalah wujud nyata kesadaran kita akan pentingnya menjaga ekosistem secara berkelanjutan, khususnya menjaga kelestarian Taman Nasional Bunaken, melalui pemulihan ekosistem terumbu karang, sebagai keseimbangan ekosistem laut.

“Kiranya kegiatan ini menjadi stimulan untuk menumbuhkan kesadaran menjaga kelestarian Taman Nasional Bunaken sebagai aset bangsa dan bagian integral dari kehidupan kita,” pungkas Robert.
(Ben)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *