Makna Hari Pahlawan di Mata Ketua Umum LSM Adat MTI

MANADO, MANADONEWS – Setiap generasi bangsa Indonesia jangan pernah sekalipun melupakan semangat dan pengorbanan para pahlawan.

“Para pejuang kita, baik di masa sebelum kemerdekaan maupun pasca Proklamasi adalah sosok – sosok teladan yang wajib kita semua anak bangsa Indonesia kenang,” ungkap Ketua Umum DPP LSM Adat Minaesa Tou Indonesia (MTI) Donny Daniel Lasut.

Sikap mengenang akan nilai – nilai perjuangan yang ditorehkan para pendahulu bangsa dengan tetesan darah, air mata bahkan nyawa, kata Donny, dapat diperlihatkan oleh anak bangsa Indonesia, di manapun berada melalui banyak cara.

“Yang masih sekolah, kecaplah ilmu dengan penuh keseriusan untuk bisa menjadi kebanggaan negara di masa depan. Yang bekerja, mengabdilah dengan sepenuh hati demi kepentingan pembangunan bangsa,” tukasnya.

Dalam kapasitasnya sebagai pimpinan LSM Adat, Donny menilai perjuangan para pahlawan di masa silam, salah satunya, untuk melawan pemaksaan bangsa kolonial yang berusaha mengusik keluhuran nilai – nilai budaya, tradisi dan adat bangsa Indonesia yang dihuni oleh pelbagai suku bangsa.

Baca Juga:  Kapolri Tito Karnavian Sebut Keamanan Modal Penting Dukung Pariwisata

“Maka menjadi tugas kita saat ini untuk melawan segala bentuk penghianatan terhadap keluhuran adat dan budaya, siapapun dia,” tandas sosoj yang masih memiliki garis keturunan dengan Dotu Lolong Lasut itu.

Imbuhnya, MTI sebagai lembaga adat akan selalu tampil terdepan dalam menghalau setiap aksi dan upaya yang bertujuan merusak keluhuran nilai – nilai luhur adat dan budaya, khususnya yang diwariskan leluhur tanah Minahasa.

“Kami telah berkomitmen untuk itu, dan itu menjadi bentuk nyata penghargaan kami atas perjuangan para pahlawan bangsa. Akhirnya, atas nama keluarga besar LSM Adat MTI, saya mengucapkan selamat Hari Pahlawan 10 November 2019. Semoga kita semua akan selalu menjadi generasi yang setia dengan NKRI dengan komitmen yang kuat, mengawal nilai – nilai luhur adat dan budaya,” pungkasnya.