Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Akper Rumkit Tkt III Manado, VaSung: Pancasila sudah Final

MANADO, MANADONEWS – Anggota DPR/MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Vanda Sarundajang (VaSung), melakukan sosialisasi 4 pilar kebangsaan yaitu, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada, Sabtu (23/11/2019) sore.

Sosialisasi 4 pilar kebangsaan diikuti lebih 100 peserta, antara lain Dosen dan Mahasiswa Akademi Keperawatan (AKPER) Rumkit tingkat III Manado.

“Kegiatan sosialisasi empat pilar ini merupakan program wajib dari setiap anggota DPR/MPR RI kepada masyarakat yang ada di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing,” ungkap VaSung, kepada wartawan disela-sela sosialisasi 4 pilar kebangsaan.

Vanda Sarundajang saat memaparkan 4 Pilar Kebangsaan di hadapan peserta

Menurutnya, pentingnya pemahaman nilai-nilai empat pilar kebangsaan kepada seluruh elemen masyarakat di Indonesia umumnya dan khususnya di Sulawesi Utara, karena di era sekarang ini banyak rongrongan dari pihak yang tidak bertanggung jawab ingin merubah dasar negara Indonesia.

“Bahkan faham radikalisme dan terorisme diduga kian merebak di kalangan masyarakat, sehingga perlu dijaga bersama-sama bangsa dan negara ini tetap kokoh dan satu,” ungkapnya.

Maka, lanjutnya, mempertahankan NKRI tetap utuh dan satu merupakan tanggung jawab kita bersama-sama.

Baca Juga:  Imbauan Walikota Manado Jika Intensitas Curah Hujan Terus Berlanjut

“Oleh sebab itu setiap masyarakat perlu kita bentengi empat pilar kebangsaan dengan selalu terpatri dalam hati. Jika tidak kita, siapa lagi yang mempertahankan dan menjaga NKRI ini,” ajak anggota DPR RI dari Dapil Sulut ini.

Lebih jauh VaSung mengaku sangat miris dengan kejadian baru-baru ini, di mana adanya oknum oknum aparat yang diduga terpapar paham radikalisme. Untuk itu, kembali ditegaskan, penanaman nilai-nilai empat pilar kepada semua pihak tanpa terkecuali di negeri ini termasuk kepada aparat, harus terus digiatkan.

“Kita ini bersifat mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat. Apalagi sejak dulu juga sudah dilakukan kepada generasi bangsa ini dan sekarang harus ditingkatkan lagi, agar masyarakat tidak terjebak ke arah yang negatif dan bangsa ini selalu aman dan kondusif,” katanya.

Sementara dari pelaksanaan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dilaksanakan di kalangan Akademi Keperawatan Rumah Sakit Tingkat III Manado Angkatan Darat Kodam XIII Merdeka, VaSung, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Taruna Merah Putih Provinsi Sulawesi Utara mendapat sambutan luar biasa baik dari Pimpinan Akper maupun Mahasiswa yang hadir,

Baca Juga:  Merasa Dibohongi, Warga Tutup Jalan Perumahan Citraland

Tampak yang hadir juga mendampingi Anggota Komisi X DPR RI, Direktur Akper dr Bambang Setiawan, mewakili Kakesdam XIII Merdeka Kolonel Ckm dr Benny Untu SpM Budi Letkol Ckm Budi Setiawan Amdkep, Ketua Yayasan YBWKH yang diwakili Sekretaris Stin Gagola, Amdkeb, Spd, MM.

Selain memaparkan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan, VaSung melakukan diskusi dengan peserta akan pentingnya Pancasila yang sudah final dan tidak bisa berubah.

Bahkan dalam kesempatan itu, VaSung mengajak peserta dalam sesi tanya jawab akan pentingnya Pancasila sebagai Dasar Negara,UUD 45 sebagai payung hukum, NKRI sebagai Bentuk dari Negara serta Bhineka Tunggal Ika sebagai keberagaman Bangsa Indonesia.

Pada penutupan Sosialsasi 4 pilar tampak dilakukan foto bersama serta penyerahan oleh Pimpinan Akper dr Bambang Setiawan didampingi Sekretaris Yayasan YBWKH, Mahasiwa RPL Akper Melany Parwono Profil Akper Rumkit yang sudah beroperasi selama 18 tahun, dan akan di perjuangkan oleh Ibu VaSung selaku anggota DPR RI Komisi X yang bermitra dengan Kementrian Pendidikan Tinggi untuk menjadikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (*)

Baca Juga:  Pemkab Bolmong Utus Kaban BPBD Hadiri Peringatan PRB
Tags: