TP PKK Sulut Raih Banyak Prestasi Ditahun 2019

SULUT,Manadonews.co.id-.Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menegaskan bahwa pelaksanaan Pilkada serentak pada tahun 2020 tak akan mengurangi besarnya dukungan Pemprov Sulut atas eksistensi TP PKK Sulut dalam menghadirkan kesejahteraan di tengah kehidupan masyarakat Sulut.

“Intinya memang tahun 2020 bagi Provinsi Sulut adalah tahun ikat pinggang. Tapi ikat pinggangnya bukan program, ikat pinggang kegiatan lain misalnya perjalanan dinas dan lainnya. Tapi kalau untuk masyarakat kalau boleh bertambah terus bukan berkurang,” kata Olly ketika menghadiri Rapat Koordinasi Pembina TP PKK Sulut dalam rangka evaluasi pelaksanaan program dan anggaran kegiatan kerjasama Perangkat Daerah dan TP PKK Sulut di Ruang F.J. Tumbelaka Kantor Gubernur, Senin (25/11/2019).

Olly juga meminta seluruh kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemprov Sulut untuk konsisten mendukung program TP PKK.

“Saya kira himbauan saya kepada SKPD yang menjadi tugas tanggung jawab dalam rangka memback up kegiatan-kegiatan PKK. Nah ini yang harus menjadi catatan khusus dalam rapat koordinasi ini sehingga TP PKK Sulut programnya tidak berkurang malah kalau bisa cari jalan bagaimana untuk bertambah,” ujar Olly.

Baca Juga:  Aksi Cepat Tanggap Danramil Kawangkoan Saat Longsor di Ranolambot

“Karena Pak Presiden menyampaikan bagaimana fungsi PKK ini juga menguatkan kembali fungsi keluarga dalam rangka membawa negara sehat tentunya harus dari keluarga juga sehat sehingga bisa berjalan. Tentunya program ini paling penting dan bisa masuk ke ibu-ibu tentu lewat PKK sehingga manfaat apa yang kita harapkan kedepan bisa berjalan dengan baik. Saya kira pokok itu yang perlu saya sampaikan sekali lagi,” sambung Olly.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan dalam laporannya menyebut sejumlah kegiatan yang dilakukan TP PKK Sulut dan prestasi yang diraih selama tahun 2019, diantaranya :

  1. Peningkatan kapasitas pengurus TP PKK di Balai Besar PMD. TP PKK mengadakan pelatihan dan mengunjungi desa percontohan yang menang lomba UP2K (usaha peningkatan pendapatan keluarga) tingkat nasional.
  2. Rapat koordinasi ketua TP PKK tingkat nasional di Jakarta dihadiri seluruh ketua provinsi dan kabupaten se-Indonesia.
  3. Menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir yang menimpa masyarakat pada awal tahun 2019.
  4. Mengikuti rapat konsultasi TP PKK tingkat nasional di Jakarta, bersama sekretaris dan ketua ketua Pokja se-Indonesia.
  5. Peringatan HKG tingkat nasional di Padang, Sumatera Barat dan mengikuti beberapa lomba Tingkat Nasional serta menerima penghargaan.
    -mengikuti lomba busana adat dan membawakan busana adat Bolaang Mongondow.
    -mengikuti lomba masak rendang (Marandang)
    -menerima Prakarti Madya II Lomba Tertib Administrasi Tingkat Nasional.
    -Menerima Prakarti Utama lomba IVA Test Tingkat Nasional.
  6. Peringatan HARGANAS XXVI di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
    -Ketua TPPKK Sulut menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana. Penghargaan ini diberikan atas dedikasi program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.
  7. Jambore Nasional kader PKK di Jakarta.
    -TP PKK Sulut berpartisipasi dalam Stand Pameran, memperkenalkan produk-produk unggulan khas Sulut.
    -Juga mengikuti lomba lomba seperti : Lomba Parade Nusantara yang mendapat Juara 1 kategori ketepatan waktu. Lomba Gembira yang diikuti oleh TP PKK Kabupaten Minahasa dan Kota Bitung.
  8. Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Tingkat Provinsi.
  9. Jambore Tingkat Provinsi Tahun 2019.
    -Dilaksanakan di ruang Mapalus dan halaman Kantor Gubernur, diikuti oleh seluruh Kabupaten Kota Sulawesi Utara.
    Selain lomba-lomba, diberikan penghargaan bagi kader-kader PKK kabupaten kota yang sudah mengabdi 10 tahun di PKK. Maksud dari kegiatan ini juga sebagai kegiatan rutin yang dilaksanakan di pusat secara berjenjang.
  10. Pelantikan Ketua Umum TP PKK masa bakti 2019-2024 yang dijabat Ny. Tri Suswati Tito Karnavian.
Baca Juga:  Gandeng Disnakertrans, TP-PKK Sulut Gelar Pelatihan Wirausaha Baru

Adapun rapat koordinasi TP PKK Sulut turut dihadiri Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen, Wakil Ketua TP PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.
(Stvn)

Tags: