Lomba Angkat Eceng Gondok, Talumewo: Ini Lebih Pada Sikap Kepedulian

TONDANO, MANADONEWS – Lebih dari 400 orang terlibat dalam Lomba bersih – bersih Danau Tondano dan DAS Tondano, Sabtu (30/11).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Minahasa, Ir, Wenny Talumewo menjelaskan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 35 kelompok dngan 10 orang per kelompok, ditambah dengan warga sekitar.

Terlepas dari pelaksanaan lomba, kepada wartawan manadonews.co.id, Talumewo menandaskan lomba diselenggarakan demi tujuan memunculkan sikap kepedulian dalam diri setiap warga Minahasa.

“Maksud lomba ini ingin menanamkan kesadaran kepada masyarakat. bahwa semua harus peduli dngan kondisi danau Tondano yang saat ini sedang kritis,” tegasnya.

Dengan kata lain, katanya, ini tidak sekedar lomba, namun lebih menyangkut sikap kepedulian.

“Tahun ini kita menyisir sepanjang sungai – sungai DAS Tondano.  Tahun depan kita akan selesaikan di danau,” tukasnya.

Talumewo mengimbau kepada masyarakat, khususya yang mendiami di sekitar DAS Tondano untuk lebih peduli dengan pelestarian danau dengan aktif melakukan pengangkatan eceng gondok di sekitar lokasi tempat tinggal.

Tampak tumpukan karung berisikan eceng gondok yang dikumpulkan peserta lomba/Foto: manadonews/Nita

“Setiap hari satu saja yang diangkat, itu sudah sangat membantu. Jangan, hanya disorong atau geser,” tuturnya.

Baca Juga:  Ayo Cari Peluang Kerja di Job Fair ODSK Sulut 2016

Terkait pemenang lomba pada hari ini, Talumewo menyatakan, sesuai teknis pelaksanaan, pemenang ditentukan oleh banyaknya karung yang terisi eceng gondok.

Ia pun memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah berpatisipasi pada kegiatan hari ini,

“Mereka yang ikut dalam kegiatan hari ini adalah orang – orang yang memperlihatkan sikap kepedulian terhadap upaya penyelamatan Danau Tondano,” pungkasnya.

Yunita