RSUP Kandou Gelar Workshop Bantuan Hidup Dasar Bagi Mahasiswa Profesi Nurse Della Salle

MANADO,Manadonews.co.id-.Kegiatan Workshop Bantuan Hidup Dasar (BHD), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Pengendalian Penyakit Infeksi (PPI) dan Keselamatan Pasien Kesehatan Kerja Rumah Sakit (K3RS) kepada Mahasiswa Profesi NERS Fakultas Keperawatan Universitas Katolik Della Salle Manado D-IV di RSUP Prof.Dr.R.D. Kandou Manado dibuka oleh Direktur Medik dan Keperawatan dr. Celestinus Eigya Munthe, Sp.KJ.M.Kes, didampingi oleh Dekan Fakultas Keperawatan Unika Della Salle Manado Wahyuni Langelo, BSN.M.Kes, Kabag Diklit Irwan kawulusan, SH, dan Kepala Instalasi Diklat Dra. Sisca Hutadjulu, MSi.

Kegiatan ini di gelar Aula RSUP Kandou Manado 10 Desember 2019. Ke-110 Mahasiswa Profesi NERS ini akan melakukan praktek lapangan di RSUP Kandou dan wajib mengikuti workshop BHD, PMKP,PPI dan K3RS sebagai ketrampilan dasar dalam berinteraksi dengan pasien serta untuk memberikan pengetahuan pada Mahasiswa terhadap pengelolaan kasus-kasus di Rumah Sakit, serta menciptakan Tim Kerja yang optimal pada Mahasiswa.

dr.Celestinus Munthe dalam sambutannya mengatakan, bahwa dalam melaksanakan tugas praktek lapangan setiap mahasiswa wajib menguasai ke empat materi yang akan diberikan dalam Workshop ini yakni BHD, PMKP,PPI dan K3RS seperti bagaimana kita berinteraksi dengan pasien agar pasien benar-benar merasa betul-betul dijamin keselamatannya melalui tindakan serta point – point penting yang kita akan lakukan.

Baca Juga:  Ini Pesan dr.Panelewen Bagi 50 Mahasiswa Magang Poltekkes Manado

“Kemudian bagaimana caranya kita mengatasi penularan kuman dirumah sakit lewat materi PPI serta bagaimana caranya kita mengamankan diri kita sendiri, serta mengamankan dan menyelamatkan pasien itu serta semua yang ada disekitar rumah sakit lewat materi K3RS,” katanya.

Dikatakan pula ke empat materi ini tidak hanya dikuasai oleh adik-adik mahasiswa namun juga semua komponen yang ada dirumah sakit wajib menguasai materi ini.

Oleh karena itu Munthe mengharapkan agar workshop ini benar-benar diikui dengan baik karena nantinya kemanapun kalian akan pergi untuk bekerja di rumah sakit manapu juga setelah selesai kuliah pasti ke empat materi ini harus benar-benar dikuasai, apalagi bagi rumah sakit yang telah terakreditasi materi seperti ini wajib dikuasai.

“Satu hal penting juga yang di ingatkan Munthe bagi Mahasiswa agar dalam bertugas dilapangan harus menerapkan yang Namanya 3S yakni Senyum, Salam dan Sapa dan tetap focus pada pasien serta bekerja secara professional,” jelasnya.

Munthe tak lupa memberikan apresiasi kepada pihak Unika Della Salle Manado karena sampai saat ini masih mempercayakan Rumah Sakit Kandou yang telah terakreditasi JCI dan KARs Internasional sebagai mitra terhadap peningkatan Pendidikan.

Baca Juga:  Dari se-Asia Tenggara, Kerukunan Agama dan Budaya Sulut Jadi Target Philipina

Usai dilakukan pembukaan serta penerimaan Mahasiswa Praktek dilanjutkan dengan Materi yang akan disampailan oleh para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya.
(Ben)