Komisi IX DPR RI Cek Pelayanan BPJS di RSUP Kandou

MANADO, Manadonews.co.id-Komisi IX DPR-RI yang dipimpin Ketua Komisi Felly Runtuwene, Rabu (18/12) mengunjungi RSUP Kandou. Kedatangan kali ini bersama anggota Komisi IX lain berjumlah 20 orang. Kunjungan ini untuk mengecek terkait pelayanan BPJS di Sulawesi Utara.

Felly Runtuwene dan rombongan mengunjungi beberapa ruangan seperti Istalasi Rawat Darurat (IGD), Irina Edelweis, dan Gedung Pusat Jantung Pembuluh Darah dan Otak Terpadu, serta melihat pelayanan dan kondisi para pasien dibeberapa ruangan.

Usai meninjau sejumlah ruangan Runtuwene kepada puluhan awak saat diwawancara mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk  melihat langsung pelayanan  yang menggunakan kartu BPJS.

“Setelah kami mengecek langsung, ternyata yang disampaikan berbeda. Ada beberapa pasien yang menggunakan BPJS saya tanyakan, pelayanan obat-obatan tidak bermasalah. Selain itu kami juga melihat ada penambahan kamar untuk kelas 3 sekitar 60%. Disetiap rapat komisi dipusat kami meminta RS menambah ruangan untuk kelas 3. Jika tidak, pasien akan membludak, khususnya untuk pasien dikelas 3 karena adanya  kenaikan iuran BPJS,” tegas Felly.

Ada beberapa hal penting juga yang ditemui Komisi IX dalam kunjungan RSUP Kandou, yakni belum adanya ijin untuk transplantasi ginjal.

Baca Juga:  RSUP Kandou Miliki Pedoman Atasi Penyakit yang Mudah Menyebar

”RSUP Kandou telah meraih akreditasi KARS internasional namun belum mendapat ijin transplantasi ginjal. Ini akan menjadi PR buat kami, jika transplantasi ginjal sudah bisa dilakukan maka sangat membantu keluarga pasien memberikan ginjalnya,” pungkas Felly Runtuwene.
(Ben)