Tunjang Program Kapolri, Polres Tomohon Lakukan Penanaman Pohon

AKBP Raswin: untuk anak cucu kita

TOMOHON, MANADONEWS –
Kepolisian Republik Indonesia melakukan terobosan dengan program peduli lingkungan. Hal ini sebagai upaya mencegah kembali terjadi bencana banjir dan longsor.

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis di awal 2020 memformulakan program Polri Peduli Lingkungan yang juga sejalan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia.

Dengan harapan, populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadi longsor.

Gagasan ini ditindaklanjuti Kepolisian Resor (Polres) Kota Tomohon. Dipimpin Kapolres AKBP Raswin B Sirait SIK SH MSi, Jumat (10/1) jajaran korps coklat melakukan penanaman pohon di sejumlah titik.

Giat penanaman pohon diawali di Mako Polres Tomohon. Selanjutnya PJU bersama Bhayangkari Polres Tomohon melakukan penanaman di Polsek Sonder (di kompleks mako Polsek), Tomohon Tengah (Pospol Tomohon Barat Kelurahan Tara-tara) dan Polsek Tombariri ( Desa Lolah tiga Kecamatan Tombariri Timur).

“Penanaman pohon ini, merupakan program Kapolri dalam rangka memperingati, hari lingkungan hidup sedunia, dan juga untuk menjaga alam dari kerusakan,” kata Kapolres didampingi Ketua Cabang Bhayangkari Tomohon, Ibu Chandra Julyana Sirait – Manulang.

Baca Juga:  Puskesmas Tungoi Ajak PMI Bolmong Gelar Donor Darah


“Kita lihat bersama, terjadinya musibah bencana alam, baik banjir maupun tanah longsong diakibatkan karena sudah berkurangnya pohon yang ada, untuk menahan air maupun hal lainnya yang dapat mencegah terjadinya bencana,” tambah Kapolres.

Kapolres mengajak, seluruh pihak untuk memperhatikan lingkungan di sekitar.

“Mari kita mulai saat ini melakukan penghijauan, dengan salah satunya menanam pohon, yang nantinya akan berguna bagi anak cucu kita di masa yang akan datang,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Wakapolres Kompol Deessy A. Bolang.

“Bersyukur kepada Tuhan, kegiatan penanaman pohon ini boleh berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Kabag Sumda Polres Tomohon, KOMPOL Agnes Timbuleng, selaku koordinator kegiatan penanaman pohon ini menambahkan, jenis pohon yang ditanam adalah mahoni, cempaka dan nantu.

“Jumlah yang ditanam sebanyak 560 bibit pohon yang di tanam di Polres, dan Polsek jajaran Polres Tomohon”, tukasnya.

Kegiatan penanaman pohon ini, diikuti oleh seluruh Kabag, Kasat, Perwira, PNS dan Bhayangkari, serta awak media Biro Tomohon.

(Youngky)