BPJS Buka Peluang Kerja Sama Kembali dengan RSGM

TOMOHON, MANADONEWS –
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) membuka peluang melanjutkan kerja sama kembali dengan Rumah Sakit Gunung Maria (RSGM) Tomohon.

Meski begitu, permasalahan pelayanan pasien peserta BPJS Kesehatan di RSGM pun tak serta-merta selesai.

Hubungan kerjasama antara dua pihak ini pun masih menunggu penandatanganan kontrak.

Pihal BPJS pun menyatakan, kerja sama bisa berlanjut, asalkan RSGM siap membuat komitmen.

“Kami menawarkan solusi. Harus ada komitmen dari pihak agar tidak terjadi hal yang sebelumnya,” kata Kepala Kantor BPJS Tomohon Ikya Ulumudin saat hearing dengan Komisi 3 DPRD Tomohon, Rabu (15/1) di Kantor DPRD.

Direktur Utama dr Frankly Palendeng menyanggupinya sehingga terjadi kesepakatan dan dalam waktu tidak terlalu lama kerja sama bisa kembali dilakukan. 

Dia mengatakan, pasien peserta BPJS Kesehatan belum hingga saat ini belum bisa dilayani.

“Memang ermasalahan ini belum selesai, sehingga pelayanan terhadap peserta BPJS Kesehatan belum bisa dilakukan selama belum ada penandatanganan kontrak kerjasama,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya pun Kamis (16/1/2020) dipanggil langsung oleh Gubernur Sulut untuk duduk bersama dengan pihak-pihak terkait untuk mencari solusi terkait masalah ini.

“Besok (Kamis) kami akan rapat bersama Gubernur yang difasilitasi oleh Anggota DPRD Sulut Bapak Wenny Lumentut bersama Dinas Kesehatan Provinsi,” jelasnya.

Dia pun berharap, akan ada solusi terbaik pada pertemuan tersebut.

“Tentunya kami akan terus berupaya agar Rumah Sakit Gunung Maria bisa kembali bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan masyarakat bisa kembali mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” tandasnya.


Diketahui, hearing tersebut dipimpin Ketua Komisi III DPRD Tomohon Ir Miky JL Wenur MAP, dihadiri Wakil Ketua DPRD Erens D Kereh AMKL, wakil ketua komisi Drs Johnny Runtuwene DEA, sekretaris komisi Christo B Eman SE serta anggota Cherly Mantiri SH dan Siane Samatara SE.

Sementara pihak BPJS dihadiri dr Diane R Kaunang, Kabid PMR Kantor Cabang Tondano dan Ikya Ulumudin KK Tomohon. Dari pihak RS Gunung Maria, hadir langsung Direktur Utama dr Frankly Pelendeng didampingi Suster Agnes Lontaan dan Suster Angela Ansi. Dari Pemerintah Kota Tomohon dalam hal Dinas Kesehatan diwakili dr Maria Sugiarto, Kepala Bidang P2P dan Kepala Seksi Rinny Mongan.

(Youngky)

Baca Juga:  RUU Terorisme Diperluas, Ini yang Dipaparkan Asrul Sani