RSUP Kandou Miliki Pedoman Atasi Penyakit yang Mudah Menyebar

MANADO, Manadonews.co.id-Mengantisipasi menularnya virus Corona, Walikota Manado G.S Vicky Lumentut Kamis (23/1) mengecek langsung Kesiapan RSUP Kandou dalam menangani masuknya virus mematikan asal Tiongkok di Sulawesi Utara.

Banyaknya wisatawan asal Negara “Tirai Bambu” dikota Manado melalui Bandara Sam Ratulangi tentunya menjadi tanda awas bagi pemerintah didaerah untuk waspada agar meluasnya virus tersebut bisa di antisipasi.

Menurut Lumentut, meski sampai saat ini belum ditemukan kasus wisatawan tiongkok yang terjangkit virus tersebut, pemerintah kota Manado berupaya mengatasi virus berbahaya ini dari sisi pencegahan.

“Pada prinsipnya Pemerintah kota Manado meyakini RSUP Kandou sesuai SOP mampu hal menangani hal – hal yang  emergency,” ujar Walikota.

Sementara Direktur Utama RSUP Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD , mengatakan pihak Rumah Sakit mempunyai pedoman tersendiri dalam menangani kasus – kasus yang sifatnya muda menyebar seperti Pneumonia asal tiongkok.

“Dalam penanganannya, pasien akan melewati jalur khusus dan tenaga kesehatan harus bisa mengenal bahwa pasien tidak boleh bercampur dengan pasien lain,” tegas Dirut.

Baca Juga:  RSUP Kandou Terapkan E-Filing System, Aplikasi Online Tata Naskah

Pemerintah Indonesia saat ini memperketat pengawasan terhadap pintu masuk baik lewat darat, laut maupun udara. Seperti yang dilakukan di Bandara Sam Ratulangi Manado sebagai pintu utama para wisatawan asal Tiongkok  bekerja sama dengan kantor Karantina Kesehatan Pelabihan (KKP) Manado  melakukan Thermo Scanners.
(Ben)