Program Gerakan Desa Terang, YLKI Sulut Minta Support Pemkab

MANADO, MANADONEWS.CO.ID – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sulawesi Utara (Sulut) terus mensosialisasikan program ‘Gerakan Desa Terang.’

Kepada manadonews.co.id, Ketua YLKI Sulut Aldy Lumingkewas menerangkan program ini merupakan hasil kerjasama dengan pihak PT PLN Suluttenggo.

Bacaan Lainnya

“Saat ini sudah ada kesepakatan dengan Pemkab Minsel, Minahasa dan Minut melalui masing -masing Bupati. Mereka menyatakan dukungan penuh terhadap program ini samil berkomitmen untuk meneruskannya kepada seluruh Hukum Tua,” ujarnya didampingi Ketua Harian Torry Kojongian.

Dalam waktu dekat ini, lanjutnya, akan disosialisasikan ke Kabupaten lainnya sehingga nantinya seluruh desa di Sulawesi Utara akan lebih terang.

Dikatakannya, program ini, sasarannya lebih ke jalan – jalan di dalam desa.

“Lebih tepatnya di lorong – lorong atau pemukiman di dalam desa yang belum ada penerangan jalan,” katanya.

Lumingkewas berharap dengan sudah adanya kerjasama dengan beberapa daerah, daerah lainnya juga akan memberi dukungan atas program itu.

Baca Juga:  Cerita Pejuang Minahasa akan Ditampilkan Lewat Pertunjukan Seni

“Dukungan Bupati akan sangat membantu kelancaran rencana program ‘Gerakan Desa terang,’ imbuhnya.

Katanya lagi, banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari program ini bagi pemerintah dan masyarakat desa.

“Antara lain, dari segi harga, jika dibandingkan dengan tarif pemasangan lampu solar cell bisa mencapai angka 20 jutaan, maka Lampu LED yang akan dipasang saat ini jauh lebih murah, hanya sekitar empat jutaan” paparnya.

Keuntungan lainnya, Jika lampu solar cell sudah banyak yang rusak namun tidak ada perbaikan, maka untuk lampu LED, pemeliharaannya akan dilakukan pihak PLN.

Fian

Pos terkait