Hasil Laboratorium Pasien Terduga Virus Corona di RSUP Kandou Negatif

MANADO,Manadonew.co.id-.Sesuai hasil tahapan pemeriksaan dari tim Kesehatan Pemerintah Provinsi Sulut berdasarkan SOP terhadap salah satu WNI inisianal G.M yang beberepa waktu lalu dalam status pengawasan terhadap infeksi novel Coronavirus Wuhan tiongkok .

Sebelumnya sempat beredar di medsos ada salah seorang turis asing asal China di duga terkena virus Corona. Namun setelah di telusuri, pasien tersebut bukan warga negara China, tapi warga negara Indonesia yang bekerja sebagai interpreter atau penterjemah di salah satu maskapai penerbangan, selanjutnya tindakan isolasi yang dilakukan aparat kesehatan berdasarkan pada beberapa pertimbangan yakni adanya riwayat perjalanan ke lokasi terjangkit di China

Menurut Kadis Kesehatan Provinsi Sulut dr  Debbie Kalalo, MSc, PH menjelaskan awalnya  G M sempat mengeluh dalam kondisi pilek namun sudah ditangani tim dokter ahli dari RUSP Kandou Manado.

“Berdasarkan hasil laboratorium Badan Litbangkes Kemenkes RI tanggal 30 Januari 2020, adalah Negatif Novel Coronavirus (2019-nCOV,” ujar Kalalo, Kamis (30/1/2020).

Sementara itu, Dirut RSUP Kandou Manado Dr.dr.Jimmy Panelewen mengatakan mengajak masyarakat untuk menjalankan pola hidup bersih, antara lain mencuci tangan dengan sabun, dan bilas setidak 20 detik dan keringkan dengan handuk.

Baca Juga:  Bapemperda DPRD Bolmong Bahas Tiga Ranperda

“Selain itu gunakan masker bila batuk, atau pilek serta menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin,” jelas Dirut.
(Stvn)