Joune Ganda Ungkap Olly Dondokambey Sang Pemimpin Bertangan Dingin

JAKARTA, MANADONEWS.co.id- Pemerintah Provinsi Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E Kandou(ODSK) hari ini, Rabu (12/2/2020) genap mencapai 4 tahun masa kepemimpinan.

“Pak Olly dan Pak Steven telah menghantar Provinsi Sulut pada kondisi yang sangat membanggakan seluruh rakyat Sulut.”ujar Owner Raewaya group Joune Ganda, SE kepada media ini, Selasa (11/2/2020).

Menurut Joune Ganda,secara garis besar keberhasilan nyata yang telah di capai pemerintahan ODSK dalam bidang Infrastruktur sangat nyata yakni antara lain Pembangunan jalan Tol Manado Bitung yang melintasi wilayah Kabupaten Minahasa Utara, pembangunan sarana Irigasi Kuwil di Kabupaten Minahasa Utara serta berhasil meyakinkan pemerintah pusat terkait penetapan KEK Likupang di Kabupaten Minut dalam satu dari lima super prioritas yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dia menjelaskan, pada umumnya pembangunan jalan Tol merupakan salah mega proyek yang berkaitan dengan “bagi-bagi keuntungan”dengan pihak pengelolah.”Jika dinilai dari aspek bisnis full, jalan Tol Manado Bitung akan sukar terwujud dan berjalan secara optimal dan diminati investor.”kata Joune.

Baca Juga:  Sekot buka penyerapan RKPD 2019

Untuk itu katanya, keberadaan jalan Tol Manado Bitung yang menghabiskan anggaran sangat besar itu, secara ekonomis akan dirasakan oleh masyarakat melalui Multiplayer efec yang akan ditimbulkan adanya mega proyek ini.
“Dengan adanya jalan Tol, maka sejumlah sarana pendukung antara lain akses menuju bandara Sam Ratulangi bakal terbuka serta dampak positif lainnya.”tutur Joune.

Sementara itu tambahnya, pembangunan sarana irigasi Kuwil sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam kaitan ketersediaan air bagi pertanian, perkebunan serta untuk mememuhi kehidupan sehari-hari.
“Dengan adanya sarana irigasi Kuwil ini maka secara teknis akan menjamin ketesediaan air selama 25 tahun kedepan.”ujarnya sambil menambahkan keberadaan salah satu mega proyek ini dipastikan akan mendukung terwujudnya swasembada pangan khususnya di wilayah Kabupaten Minahasa Utara pada masa yang akan datang.

Lebih jauh ketua Pengprov GABSI Sulut itu mengatakan, terkait dengan ditetapkannya Sulut dalam hal ini Likupang dalam 5 super priotas yakni KEK Pariwisata, hal ini satu bukti prestasi besar kepemimpinan ODSK dalam hal menarik perhatian pemerintah pusat.

Baca Juga:  Pemprov Sulut Gelar HUT DWP ke-19

“Penetapan KEK Parawisata Likupang dalam 5 super prioritas adalah murni hasil lobby tingkat tinggi yang dilakoni oleh Pak Olly Dondokambey selaku Gubernur dan petinggi partai PDI Perjuangan pusat dan di Sulut.”tegas Joune sambil menegaskan untuk merebut perhatian pemerintah pusat butuh kemampuan personal dan dukungan politis kuat seperti yang dimiliki oleh Olly Dondokambey saat ini.

Dia menuturkan, berkat tangan dingin dan etos kerja yang tinggi serta kepercayaan dunia usaha yang sangat tinggi, pemerintah ODSK memasuki tahun ke-empat ini telah menghantar Sulut meraih laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi bahkan diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

“Keberhasilan mencapai peningkatan ekonomi yang stabil dan tinggi, akan berdampak positif terhadap terbukanya lapangan kerja, peningkatan daya beli masyarakat, peningkatan kesejahteraan masyarakat serta menurunnya angka kemiskinan secara maksimal.”ungkap Wakil ketua bidang Ekonomi DPD PDI Perjuangan Sulut.

Joune mengatakan, terlepas dari capaian keberhasilan pembangunan yang dipusatkan dalam progran Operasi Daerah Tuntaskan Kemiskinan (ODSK) yang digulirkan hingga memasuki tahun ke-empat ini, secara pribadi dia menilai Gubernur Olly Dondokambey adalah sosok pemimpin yang patut menjadi panutan dan teladan para pemimpin di 15 kabupaten dan Kota Se-Sulut.

Baca Juga:  Perayaan Kenaikan Isa Almasih di Talaud Berlangsung Khusuk

“Saya menilai Pak Olly itu pemimpin yang terbuka, demokratis, pemaaf, tulus serta sosok yang mencintai Istri keluarga dan sangat memperhatikan pemimpin Agama di daerah ini .”tandas Calon tunggal Bupati Minut andalan PDI Perjuangan yang akan bertarung pada Pilkada serentak 2020 mendatang sambil menambahkan kerjasama dengan unsur Forkopimda Sulut yang digagas Gubernur Sulut menjadikan kelancaran pembangunan dan kondusifitas wilayah.(nando)