Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemkab Minahasa Resmi Dibuka Wabup Robby Dondokambey

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si (RD) membuka kegiatan seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah Kabupaten Minahasa tahun 2020, di ruang sidang kantor Bupati Minahasa, Jumat (21/2).

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Ir. Ronald Sorongan, MSi, Dr. Bode Lumanauw, SE, MM, Dr. Femmy J. Suluh, M.Si, Dr. Sihar W. Siagian, MA, Drs. Philep Regar, MSi, sebagai panitia seleksi, kepala BKPSDM Drs. Moudy L. Pangerapan, MAP, jajaran pemerintah kab Minahasa dan peserta seleksi.

Kabid Pengembangan SDM Albert Ombeng, S.Sos memaparkan ada 6 jabatan yang di rekomendasikan yaitu, Sekretaris DPRD, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Badan Kesbangpol, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

Sambutan Bupati yang dibawakan RD menyampaikan kegiatan ini sangat penting untuk penempatan pegawai berdasarkan the right man on the right place, yang mana ini sesuai juga dengan Undang-Undang nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menyebutkan bahwa penempatan ASN harus berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, ataupun kondisi kecacatan.

Baca Juga:  Pulau Tiga Simpan Pesona Taman Laut Yang Menakjubkan

“Untuk itu saya menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini, disertai ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat langsung pada kegiatan ini, sehingga kegiatan Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa boleh terlaksana pada saat ini,” tutur Bupati, disampaikan Wabup RD.

Lanjutnya, sejalan dengan upaya membentuk sosok aparatur sipil negara yang profesional, kehadiran sebuah pemetaan kompetensi merupakan salah satu metode untuk menjembatani kesenjangan antara kemampuan riil aparatur dengan kompetensi jabatan yang disyaratkan. Untuk menjamin objektivitas, transparansi, akuntabilitas dan kredibilitas hasil.

“Saya sangat berharap, tidak ada intervensi maupun tindakan untuk mempengaruhi hasil yang akan dicapai, bahwa dalam menjalankan roda Pemerintahan Saya dan Wakil Bupati Minahasa sangat berharap sumberdaya manusia yang berintegritas, loyal dan memiliki kapasitas sesuai Job Descriptions untuk bersama membangun Tanah Minahasa,” imbuhnya.

“Pemerintah kabupaten minahasa lewat visi minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera, telah mengejawantahkan lewat salah satu misi yakni meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing, serta ditopang nawa cita yakni pemerintahan yang bersih dan terpercaya, dengan program unggulan mendorong profesionalitas pegawai negeri sipil, kiranya akan tercapai dengan kegiatan – kegiatan positif seperti saat ini,” tambahnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Sinergitas,Dinas PP-KB Kotamobagu Gelar Rakerda

Bupati yakin potret kemampuan manajerial seseorang dapat diketahui dan diprediksi, apakah seseorang kompeten dalam mengemban jabatannya lewat kegiatan ini, sehingga akan memudahkan kami untuk penempatan jabatan.

“Kepada panitia penyelenggara dan tim Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama saya ucapkan selamat melaksanakan seleksi, serta bagi peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga apa yang diperoleh selama pelaksanaan kegiatan dapat menunjukkan potensi yang saudara miliki. Doakan yang akan dikerjakan, kerjakan yang didoakan, percaya diri dan lakukan yang terbaik akan menjadi kunci sukses dalam mengikuti kegiatan ini,” tutupnya.

Yunita Rotikan