Example floating
Example floating
Berita UtamaBolsel

Pemkab Bolsel Keluarkan Surat Edaran Terkait Virus Corona

×

Pemkab Bolsel Keluarkan Surat Edaran Terkait Virus Corona

Sebarkan artikel ini

BOLSEL,Manadonews.co.id-.Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo mengumumkan hal penting tentang adanya 2 warga Depok yang positif terjangkit wabah virus Covid-19.

Terkait hal itu, Pemda Bolsel melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolsel mengeluarkan surat edaran Waspada Dini Virus Covid-19 (Corona) bernomor 800/1.02/396/III/2020.

MANTOS MANTOS

Surat edaran tersebut ditujukan untuk Rumah Sakit dan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) yang berada di Kabupaten Bolsel.

Berikut imbauan Kepala Dinkes Kabupaten Bolsel, Dr. Sadly Mokodongan.

Melakukan deteksi, pencegahan, respon dan antisipasi munculnya kasus dengan gejala Pnemounia berat dengan etiologi tak jelas. Jika ada temuan kasus, agar dilakukan tata laksana, isolasi dan dilaporkan secara berjenjang. Jika ditemukan kelompok atau klaster, diharapkan rumah sakit atau Puskesmas melakukan investigasi dan penanggulangan sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Corona agar tidak meluas dan menjadi kejadian luar biasa. Memantau perkembangan kasus-kasus Pnemounia berat melalui media mainstrem dan media online untuk dapat melakukan langkah-langkah yang diperlukan.

Melakukan edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan Posyandu, Minlok dan kegiatan lainnya tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun (atau alkohol based hand rub hand sunitizer) dan mengkonsumsi makanan sehat agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh.

Melindungi diri dan lingkungan dengan memakai masker dan mengurangi interaksi dengan seseorang yang mengalami gejala-gejala influenza. Menjaga kebersihan lingkungan.

“Diminta juga untuk masyarakat yang mengalami gejala demam, flu, batuk, sesak nafas untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau di RS terdekat. Serta tetap tenang dan jangan panik,” jelasnya.
(Bobby)

Example 120x600