Permintaan Ikan Patin di Kotamobagu Meningkat, Hasil Panen Pak Abdul Capai Puluhan Ton

MANADONEWS, KOTAMOBAGU — Ikan Patin merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Di kotamobagu sendiri, jenis ikan ini masih terbilang belum terlalu populer. Berangkat dari hal ini, Abdul Rahman (39) warga Kelurahan Molinow mencoba peruntungan dengan membudidayakan jenis ikan ini.

Abdul yang juga selaku Ketua Kelompok pembudidaya ikan ini mengaku, bahwa sudah sejak lama menggeluti usaha budidaya ikan patin.

“Dulu saya pernah memproduksi ikan ini, namun sempat terhenti karena makanannya mahal. Nah, dengan bantuan dari pemerintah saya bisa kembali membudidayakannya, tentu kami bersyukur, meski makanannya masih terbilang mahal, tapi setidaknya kami sudah diberi bibit,” ujarnya.

Menurut Abdul, seiring perjalanan waktu, perlahan ikan ini sudah semakin diminati warga kotamobagu maupun BMR pada umumnya. “Awalnya memang jarang peminat, tapi sekarang permintaan meningkat, terutama saat lebaran, itu banyak yang mencari,” ucapnya.

Senada, pembudidaya ikan patin lain, Ruslan mengatakan, ukuran yang besar dan rasanya yang enak membuat ikan patin mulai diminati, meski jenis ikan lainnya.

Baca Juga:  Meriahkan HUT Bolmong Ke 65, Dinas Pariwisata Adakan Berbagai Lomba

“Sekali panen pasti bisa mencapai puluhan ton, karena ukurannya yang cukup besar. Sehingga masyarakat juga perlu tahu bahwa ikan ini selain memiliki ukuran besar, juga rasanya yang tidak kalah dengan ikan nila dan jenis lainnya,” imbuhnya.

(*/MLS)