Ketua Gereja Advent dan Rektor Unklab Keberatan Vonnie Panambunan bagi Uang dalam Gereja

Dari kiri ke kanan: Marthen Sengkey, SE, MBA, PhD (Rektor Unklab), Pdt. Samuel Yotam Bindosano, STh, MA (Ketua GMAHK Uni Indonesia Timur) dan Pdt. Edison Takasanakeng (Penanggung jawab Kegiatan)


Airmadidi, Manadonews.co.id –  Pimpinan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Wilayah Indonesia Timur menyatakan bahwa ketentuan gereja tidak memberikan izin bagi gereja terlibat dalam politik atau mengadakan barter politik. Gereja harus netral dalam politik.

Pdt. Samuel Yotam Bindosano, MA, sebagai Ketua GMAHK Uni Indonesia Kawasan Timur mengatakan bahwa GMAHK tidak pernah menyatakan dukungan kepada partai manapun.

“Karena gereja memiliki paham netral. Setiap anggota gereja adalah warga negara yang berhak memberikan hak suara sesuai hati nuraninya,” jelas Pdt. Samuel Yotam Bindosano saat menghadiri Ibadah Ucapan Syukur 5 Tahun Perayaan Pekabaran Advent dan Penginjilan IEL se- Uni Konfrens Indonesia Kawasan Timur GMAHK, yang dipusatkan di Gedung Pioneer Chapel Universitas Klabat, Sabtu (14/3/2020).

Ditambahkan Pendeta Samuel, pimpinan Gereja Advent dan Rektor Unklab  tidak mengundang Bupati Minahasa Utara yang juga Bakal Calon Gubernur Sulut, Vonnie Anneke Panambunan dalam acara tersebut.

“Itu sebabnya panitia tidak memberikan kesempatan kepada Bupati VAP dan anggota DPR RI, Felly Runtuwene untuk memberikan sambutan dalam acara itu. Hanya Bapak Gubernur Olly Dondokambey yang diundang langsung oleh pimpinan Gereja Advent dan Rektor Unklab. Tapi memang ketika ada pejabat yang hadir pimpinan gereja tidak bisa keluarkan yang bersangkutan,” tuturnya.

Sementara itu, Marthen Sengkey, SE, MBA, PhD, selaku Rektor Unklab, mengatakan pimpinan gereja dan pihak Unklab tidak meminta uang kepada Bupati Vonnie Panambunan.

“Sebagai Rektor Unklab, saya dan anggota gereja keberatan dengan perilaku ibu VAP telah membagi bagi uang dalam gereja dan itu telah mengganggu ibadah kami walaupun ibadahnya telah selesai dilaksanakan,” tandas Rektor Marthen Sengkey.

(***/YerryPalohoon)

Baca Juga:  Daftar Calon Gubernur, Vicky Lumentut Janji "Nyanda Mo Balaeng'