Antisipasi Corona, Bawaslu Sulut Putuskan Pelantikan Panwaslu Kelurahan dan Desa tidak Dikumpulkan

Herwyn Malonda dalam suatu kegiatan sosialisasi Bawaslu Sulut


Manado – Meskipun telah mengeluarkan tiga kebijakan mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid 19), Bawaslu akan tetap melaksanakan pelantikan Panwaslu kelurahan dan desa sesuai jadwal.

Dijelaskan Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda, waktu pelantikan dan pembekalan Panwaslu kelurahan dan desa untuk Kota Manado dan Tomohon serta Kabupaten Minsel dan Minut pada 20 Maret 2020.

“Sementara untuk 11 kabupaten dan kota lainnya pada 5 April 2020. Kalau ada perubahan nanti disampaikan kemudian,” jelas Herwyn Malonda melalui pesan tertulis kepada Manadonews.co.id, Rabu (18/3/2020).

Selanjutnya, pelantikan Panwaslu kelurahan dan desa oleh Panwascam, tidak boleh dikumpulkan di kabupaten dan kota. Upaya pencegahan penyebaran virus corona perlu koordinasi dengan pihak dinas kesehatan (Dinkes).

“Pembekalan atau Bimtek diupayakan dilakukan melalui media yang ada, penyebaran modul atau alat kerja pengawasan dalam bentuk soft copy,” tandas Malonda.

Sebelumnya.diberitakan, terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid 19), maka Bawaslu Sulut bersama Bawaslu kabupaten dan kota di Sulut mengeluarkan beberapa kebijakan.

Di antara kebijakan tersebut menurut Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda, pertama menunda kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa.

“Koordinasi dan konsultasi, Rakor, Bimtek, sosialisasi antar sesama pengawas Pemilu serta pengawas Pemilu dengan pemangku kepentingan dilakukan menggunakan ruang media komunikasi dan informasi teknologi,” jelas Herwyn Malonda melalui pesan tertulis kepada Manadonews.co.id, Rabu (18/3/2020).

Kebijaka kedua, melakukan koordinasi dengan pihak dinas kesehatan (Dinkes) untuk penyemprotan disinfektan di kantor Bawaslu.

“Serta pemeriksaan kesehatan kepada jajaran Bawaslu,” tambah Malonda.

Kebijakan ketiga, terkait verifikasi faktual dukungan pemilih terhadap bakal calon perseorangan di Kota Manado dan Tomohon, Kabupaten Minsel dan Minut hendaknya Bawaslu setempat melakukan koordinasi dengan KPU dan Dinkes setempat serta bakal calon perseorangan terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona.

“Demikian untuk diketahui dan dipahami,” pungkas Malonda.

(YerryPalohoon)

Baca Juga:  Bencana Banjir Masih Jadi Momok, Pemerintah Diminta Tegas Tindak Penghuni Bantaran Sungai