Example floating
Example floating
Berita UtamaSulawesi Utara

Hebat, Pemprov Sulut “Sulap” Captikus jadi Hand Sanitaizer

×

Hebat, Pemprov Sulut “Sulap” Captikus jadi Hand Sanitaizer

Sebarkan artikel ini

SULUT,Manadonews.co.id-.Makin langkahnya alat kesehatan (alkes) masker dan hand sanitaizer, membuat pemerintah daerah Sulawesi Utara (Sulut) bergerak cepat dengan memanfaatkan minuman tradisional Captikus menjadi salah satu bahan utama hand sanitaizer.

Hal ini dilakukan pemprov sulut guna memenuhi kebutuhan hand sanitaizer yang semakin sulit ditemukan di mini market dan apotik akibat merebaknya wabah virus corona.

MANTOS MANTOS

Dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Steven Kandouw, bahwa langkah ini diambil pemprov sulut untuk memenuhi kebutuhan hand sanitaizer.

“Handsanitizer yang langkah dipasaran ternyata boleh disiapkan dengan bahan-bahan lokal seperti Captikus, dengan catatan alkoholnya harus kadar 50 persen,” ujar Kandouw, Rabu (18/03/2020).

Dirinya menambahkan, larutan berbahan Captikus ini bisa dipakai untuk penyemprotan disinfektan dan membersihkan tangan.

“Tentunya ini bisa diikuti oleh kabupaten dan kota lainnya sebagai solusi kelangkaan cairan disinfektan dan handsanitizer,” jelasnya.

Diketahui, saat ini ada sebanyak 30 galon masing-masing 30 liter Captikus dengan kadar alkohol 50 persen dari UMKM Tareran Kabupaten Minahasa Selatan dan akan diolah malam ini dan rencananya besok akan didistribusikan ke masyarakat.

“Setelah diracik handsanitizer ini akan dishare atau dibagikan kepada masyarakat,” pungkasnya.
(***/stvn)

Example 120x600