Bawaslu Gelar Pelantikan PKD, Herwyn Malonda Ingatkan Perhatikan Hal-hal Penting Ini

Uji suhu badan di pelantikan PKD di Kecamatan Airmadidi, Minahasa Utara


Manado – Bawaslu Sulut melaksanakan pelantikan Panwaslu Kelurahan dan Desa (PKD), Jumat (20/3/2020) hari ini.

Dijelaskan Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda, pelantikan PKD dalam upaya mempersiapkan pengawas Pemilu mengawasi pemilihan.

“Terutama dalam waktu dekat akan bertugas mengawasi verifikasi faktual dukungan pemilih terhadap bakal calon perseorangan yang akan dimulai 26 Maret 2020,” jelas Herwyn Malonda melalui pesan tertulis kepada Manadonews.co.id, Jumat (20/3/2020).

Bawaslu Sulut, lanjut Herwyn Malonda, telah menginstruksikan Bawaslu Kota Manado dan Tomohon, serta Bawaslu Kabupaten Minsel dan Minut untuk memperhatikan beberapa hal di antaranya, tempat pelantikan di setiap kecamatan, tidak diperkenankan digabung dalam beberapa kecamatan ataupun digabung secara keseluruhan kabupaten atau kota.

Selanjutnya, wajib berkoordinasi dengan dinas kesehatan (Dinkes) setempat dan telah siap mengontrol tempat, proses pelantikan dan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi peserta pelantikan.

“Memastikan semua peserta pelantikan memakai masker. Di lokasi acara pelantikan terdapat hand sanitizer ataupun tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun cair serta termonitor terpakai oleh semua peserta kegiatan,” jelas Malonda.

Ditambahkan, jarak antar peserta diatur paling dekat 1 meter. Diupayakan juga dalam kegiatan untuk pemeriksaan suhu badan.

Pastikan peserta pelantikan tidak ada yang batuk, demam tinggi dan sakit tenggorokan. Minimal cara yang dilakukan adalah Panwascam berkewajiban menanyakan melalui komunikasi telpon kepada peserta pelantikan.

Pelantikan dilakukan dalam waktu singkat, tidak ada pembekalan atau Bimtek. Modul ataupun alat kerja pengawasan, kirim melalui media komunikasi informasi.

Apabila tempat pelantikan merupakan sekretariat Panwascam, selesai kegiatan hendaknya tempat kegiatan disemprot desinfektan.

“Apabila belum yakin dan kuatir dengan situasi dan kondisi tempat pelantikan dikaitkan dengan potensi penyebaran covid 19, kegiatannya bisa ditunda tiga hari ke depan, sambil melakukan koordinasi dengan Dinkes setempat untuk merencanakan pelantikan PKD,” pungkas Malonda.

(YerryPalohoon)

Baca Juga:  Bawaslu Sulut Rakor Evaluasi Rekruitmen dan Pengawasan Seleksi PPK