Harga Menjanjikan, Durian Montong Jadi Tanaman Primadona Sejumlah Petani di Kotamobagu

MANADONEWS, KOTAMOBAGU— Durian Montong merupakan buah tropis yang dijuluki rajanya buah. Selain mempunyai daging buah yang lebih tebal dari durian biasa, aromanya yang kuat dan rasanya yang khas membuat buah ini kerap menjadi buah favorit terutama apabila musim panen durian.

Kandungan energi yang tinggi pada durian dapat meningkatkan energi, sehingga durian dapat dijadikan sumber energi. Kandungan potassium, serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks yang tinggi pada buah ini juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, menjaga tekanan darah, mengurangi kelelahan serta mengurangi stress dan kecemasan.

Di Kota Kotamobagu sendiri, budidaya secara masal mulai dilakukan sejumlah petani, mengingat buah yang memiliki kelebihan ini harga pasarannya cukup menjanjikan karena memiliki nilai jual tinggi, yakni antara Rp 50.000 hingga Rp 60.000 ribu per kilonya.

Salah satunya Arin Gumeleng, petani asal Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, mencoba peruntungan dengan membudidayakan Durian Montong dilahan perkebunan miliknya.

“Dengan mengandalkan lahan setengah hektar lebih, saya mencoba menanam 50 bibit durian montong, dengan harapan kedepan bisa dipanen dengan jumlah yang banyak agar bisa dijual,” katanya.

Baca Juga:  Menarik Debat Publik II Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mitra

Bahkan lanjut Arin, Ia rela menganti seluruh tanaman yang sebelumnya ditanam buah cokelat untuk diganti dengan tanaman durian montong. “Sudah ada sekitar 50 bibit durian montong sudah saya tanam, tapi akan ditambah lagi. Muda-mudahan 5 tahun kedepan tanaman ini sudah mulai belajar berbuah,” pungkasnya.

(MLS)