Catatan Syarifudin Saafa (IV): Potensi Kemiskinan sangat Terlihat

Syarifudin Saafa dalam suatu kunjungan turun lapangan


Manado – 14 Juli 2020 mendatang Kota Manado akan genap berusia 397 tahun. Dua bulan 9 hari setelahnya akan dilaksanakan pemilihan pasangan Walikota dan Wakil Walikota masa kepemimpinan 5 tahun ke depan bersamaan Pilkada serentak 7 daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Utara.

Anggota DPRD Kota Manado, Syarifudin Saafa, mencatat 6 (enam) permasalahan dasar di Kota Manado perlu segera diatasi oleh pemimpin Manado yang baru nanti.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keahlian serta etos kerja tinggi masih menjadi salah-satu permasalahan yang dihadapi.

“Pelayanan kepariwisataan tenaga kerja daerah perlu ditingkatkan,” jelas Syarifudin Saafa kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Selasa (24/3/2020).

Kata Saafa, beberapa pemilik restoran yang diundang DPRD terungkap menggunakan tenaga kerja luar daerah.

“Padahal, itu bertentangan dengan semangat Peraturan Daerah (Perda) Perlindungan Tenaga Kerja Lokal,” tutur dia.

Pertanyaan, kenapa begitu? Lanjut Syarifudin Saafa, hal tersebut berkaitan dengan keahlian dan etos kerja.

“Pemerintah harus mengambil alih lebih, membuat dan memfungsikan Balai Latihan Kerja (BLK),” tutur legislator 3 periode yang didorong masyarakat tampil di suksesi Pilkada Kota Manado 2020.

Syarifudin Saafa mendorong setiap kecamatan memiliki minimal satu BLK yang disertifikasi, serta membangun kerjasama dengan seluruh pemilik perusahaan di Kota Manado.

“Potensi kemiskinan sangat terlihat, banyak keluarga setelah menikah masih satu rumah dengan orang tua,” pungkas Saafa.

(YerryPalohoon)

Baca Juga:  Dekot Manado Minta Petunjuk Kemendagri terkait Penyusunan APBD 2017