Polda Sulut Racik 8.000 Liter Disinfektan

MANADO,Manadonews.co.id-.Polda Sulawesi Utara (Sulut) meracik ribuan liter cairan disinfektan di tangki mobil Armored Water Cannon (AWC) milik Direktorat Samapta, yang berkapasitas sekitar 8.000 liter, Rabu (25/03/2020) pagi.

Peracikan berlangsung di Lapangan Apel AKP Bryan Tatontos, dipimpin oleh Direktur Samapta, Kombes Pol Hery Murwono dan Direktur Resnarkoba, Kombes Pol Dr. Eko Wagiyanto.

Peracikan disinfektan berbahan cairan pemutih pakaian dan pembersih lantai ini dilakukan atas kerjasama Polda Sulut dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Manado.

Bahan-bahan tersebut dicampurkan ke dalam air di tangki mobil AWC. Diketahui, mobil AWC ini biasanya digunakan oleh pihak kepolisian dalam pengendalian massa anarkis. Usai diracik, ribuan cairan disinfektan tersebut sebagian dibagi ke dalam beberapa alat penyemprot manual bertangki kecil.

Kemudian dilakukan penyemprotan di Mapolda Sulut. Untuk penyemprotan diseluruh ruang kerja, ruang pertemuan termasuk mobil dinas kepolisian dilakukan oleh personel dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan dan Satuan Brimob Polda Sulut, menggunakan alat penyemprot manual.

Sedangkan penyemprotan di luar ruangan dan lingkungan sekitar Mapolda, disemprotkan langsung melalui selang maupun alat penyemprot yang terpasang di mobil berukuran super besar tersebut. Sementara itu Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M., melalui Kabid Humas, Kombes Pol Jules Abraham Abast, S.I.K, mengatakan, penyemprotan ini untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Baca Juga:  Gubernur Terbtikan SK Pengangkatan Anggota DPRD Tomohon

“Sterilisasi ini untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat di Mapolda Sulut, dengan tujuan seluruh personel terhindarkan dari segala penyakit, sehingga tetap dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” pungkasnya.
(Ben)

Tags: