Kapolri Segera Keluarkan 8 Perintah Setelah Ditetapkan Keppres Darurat Corona

MANADO,Manadonews.co.id-.Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Idham Azis M.Si., mengeluarkan 8 perintah kepada anggota kepolisian setelah Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keppres Darurat Corona dan PP No 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dengan dikeluarkannya Kepres no 11 tahun 2020, tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Desease (Covid-19) dan PP no 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang ditetapkan dengan mengacu pula pada UU no 6 tahun 2018 tentang Karantinaan Kesehatan, maka Kapolri mengharapkan Para Kapolda dan PJU terkait untuk melaksanakan lebih tegas lagi Maklumat Kapolri dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Tidak mengganggu kegiatan perekonomian. Tetap memberikan kesempatan orang berusaha dengan memperhatikan aturan kesehatan.Sedini mungkin mengetahui rencana kegiatan masyarakat sehingga dicegah lebih awal Guna meminimalisir pembubaran pada saat acara Tengah/Sedang berlangsung.

Himbauan tidak mudik dengan memberdayakan / mengedepankan toga (tokoh agama) / todat (tokoh adat) dan masyarakat yang berpengaruh (influencer)Menjamin distribusi, ketersediaan dan stabilitas harga barang pokokSenantiasa siap mendukung Penuh setiap langkah pemerintah pusat dalam penanggulangan Covid 19.Selalu melakukan koordinasi dengan Kabaharkam Polri (selaku Kasatgas Aman Nusa II) dan As Ops Kapolri dalam mengambil kebijakan ditingkat kewilayahan.

Baca Juga:  Kapolri Jenderal Badrodin Haiti Berpamitan di Hari Bhayangkara ke-70

Wakapolri mengkoordinasikan para PJU sesuai tupoksi. PJU terkait memberikan arahan kepada jajaran sesuai dengan peran yang mengacu kepada UU no 6 tahun 2018, termasuk SOP tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. (SOP)

Para Kapolda, Kapolres sampai ke jajara  Kapolsek, dalam melakukan kegiatan agar berkoordinasi dengan Pemda, TNI dan stakeholders lainnya, serta mengajak tomas/toga/tokoh pemuda. Perintah ini harus dilakukan dengan penuh ketegasan namun tetap mengedepankan sikap humanis serta menjunjung tinggi kesopanan dan kearifan lokal.
(Ben)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
397 votes

This will close in 10 seconds