Romo Benny Minta Perusahaan Leasing harus Punya Rasa Kemanusiaan

Masyarakat termasuk ojek online ramai mendatangi perusahaan leasing ajukan permohonan penundaan angsuran


Jakarta, Manadonews.co.id – Pandemic Covid 19 (Corona) berdampak langsung pada pengurangan aktivitas masyarakat. Pengurangan aktivitas itu berdampak pada perekonomian masyarakat. Dampak perekonomian ini membuat masyarakat yang memiliki cicilan di bank dan layanan jasa keuangan nonbank (seperti leasing), kuatir tidak mampu membayar sesuai jatuh tempo.

Presiden Joko Widodo mengeluarkan imbauan agar perbankan dan layanan jasa keuangan nonbank untuk memberikan keringanan kredit. Imbauan Presiden itu disusul dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) yang menginstruksikan perusahaan pembiayaan proaktif dalam membantu masyarakat melakukan restrukturisasi kredit.

Namun pada kenyataannya menurut Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo masih ada perusahaan pembiayaan yang tidak mengindahkan imbauan dan POJK tersebut.

“Ya buktinya masih ada perusahan leasing yang menekan debiturnya, bahkan sampai memberikan ancaman,” ujar Rohaniwan yang akrab disapa Romo Benny melalui pesan tertulis, Senin (13/4/2020).

Romo Benny juga memberikan contoh kasus yang baru-baru ini terjadi di Kelapa Gading, antara para pengemudi ojek online dan perusahaan leasing. Juga kejadian yang menimpa pengemudi taksi online. Menurut Romo Benny kejadian seperti itu harus ditidaklanjuti oleh aparat keamanan dan pemerintah.

Baca Juga:  Sinergi Tiga Lembaga Negara Gelar Kegiatan Amal untuk Korban Covid-19

Romo Benny meminta aparat kepolisian untuk bertindak tegas sesuai dengan POJK, dalam melindungi masyarakat.

“Polisi harus bertindak tegas sesuai dengan aturan OJK itu, dalam kondisi seperti sekarang ini, masyarakat perlu dilindungi. Oleh karena itu aparat kepolisian perlu bertindak tegas untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat,” pinta Romo Benny.

Romo Benny juga mengimbau kepada seluruh perbankan dan layanan jasa keuangan nonbank agar ‘perlu mematuhi moralitas publik dalam kondisi seperti saat ini’.

Menurut Romo Benny, memaksa debitur yang dilakukan oleh perusahaan leasing masuk ke dalam tindakan pelangaran HAM. Benny berharap OJK bisa bertindak tegas dan melakukan intervensi dalam menindak perusahaan leasing yang melakukan pemaksaan kepada debitur.

“Dalam kondisi pandemic Covid 19 ini leasing harus punya rasa kemanusiaan, seperti yang tersurat dalam Pancasila. Rasa kemanusiaan mendorong terciptanya rasa persatuan dan terbentuklah gotong royong yang merupakan nilai luhur dari Pancasila. Itulah yang menjadi kekuatan bangsa Indonesia dalam menghadapi pandemic covid 19,” tandas Romo Benny.

(YerryPalohoon)

Baca Juga:  Warga Kritik Pernyataan Kadis LH Tentang Desa Watutumou II Kurang Bersih

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
87 votes

This will close in 10 seconds