DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna LKPJ Gubernur 2019

Mengikuti protokol penanganan Covid-19

Manado – DPRD Provinsi Sulawesi Utara menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur tahun anggaran 2019, Rabu (15/4/2020).

Mencermati kondisi pendemi wabah covid-19 virus corona, maka mekanisme rapat paripurna dilakukan dengan memadukan secara fisik dan virtual dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran covid-19.

Di kesempatan itu, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw mengatakan saat ini adalah saat yang Sulit bagi semua, dalam menghadapi wabah penyakit covid-19 yang sedang melanda dunia, termasuk daerah Sulawesi Utara.

“Virus ini tidak terlihat, kita tidak akan pernah tahu apakah kita akan terkena virus ini atau tidak. Jangan pernah merasa kita tidak akan terjangkau virus, ini adalah keadaan luar biasa, inilah saatnya perasaan kemanusiaan dan persatuan kita diuji. Bersatu menghadapi covid-19, saya mengajak kita sekalian untuk mengesampingkan kepentingan politik, kepentingan golongan, kepentingan pribadi. Saya mengajak pimpinan dan anggota untuk mendukung upaya pemerintah dalam menghadapi wabah ini,” jelas Andrei Angouw.

Terkait LKPJ Gubernur, Andrei Angouw mengatakan LKPJ dilakukan sekali dalam setahun paling lambat tiga bulan berakhirnya masa anggaran.

Baca Juga:  Gubernur Olly Dondokambey Hadiri Pertemuan Iklim Dunia “R20 Austrian World Summit” di Austria

“LKPJ ini dilakukan untuk memenuhi kewajiban sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan. Penyampaian LKPJ oleh kepala kaerah kepada DPRD adalah salah satu wujud konkrit dari hubungan antar susunan pemerintahan,” tutur Angouw.

Anggota DPRD yang hadir fisik berjumlah 17 anggota DPRD. Sedangkan yang hadir secara virtual sebanyak 28 anggota. Hadir fisik juga Sekprov Edwin Silangen, para Asisten dan Karo Pemerintahan, serta perwakilan pers 10 orang

Adapun legislator yang berada di ruang paripurna secara fisik adalah Andrei Angouw, Victor Mailangkay, James Kojongian, Billy Lombok, Vonny Paat, Netty Pantow, Richard Sualang, Rocky Wowor, Berty Kapojos, Arthur Kotambunan, Amir Liputo dan Sandra Rondonuwu.

Sementara dalam sambutannya, Wakil Gubernur Steven Kandouw mengapresiasi DPRD Sulut yang bisa menyelenggarakan rapat paripurna penyampaian LKPJ Gubernur 2019.

“Di tengah situasi seperti ini, DPRD Sulut mampu melaksanakan agenda yang merupakan tugas dan tanggung jawab bersama. Kita jangan pernah kalah sebagai lembaga pembuat undang-undang,” terang Kandouw.

Adapun Sekretaris DPRD Sulut Glady Kawatu menjelaskan, rapat paripurna untuk menyampaikan aspirasi dan atau pokok-pokok pikiran yang akan dilaporkan secara tertulis melalui Sekprov.

Baca Juga:  Pemprov Sulut Gandeng Garuda Indonesia Pasarkan Ikan Tuna ke Jepang dan Cina

(AdvertorialDPRDSulut/YerryPalohoon)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
783 votes

This will close in 10 seconds