Bahas BLT dan BST, Pemdes Pineleng Dua Gelar Musdes

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Pemerintah Desa Pineleng Dua Kecamatan Pineleng bergerak cepat dalam merampungkan validasi data warga yang akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST)

Untuk itu, bertempat di kantor Hukum Tua, Kamis (23/4), dilaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) terbatas antara Pemerintah desa dengan unsur BPD dan tim Relawan Covid-19.

Dikatakan Hukum Tua Hengky Tangapo, Musdes membahas sejumlah poin menyangkut penyaluran BLT dan BST sebagaimana yang telah diinstruksikan Menteri Sosial dan Menteri Desa, dilanjutkan oleh Bupati Minahasa.

“Bantuan Langsung Tunai dan Bantuan Sosial Tunai masing – masing berjumlah 600 ribu per KK dana akan diberikan selama 3 bulan mulai April hingga Juni 2020,” terang Tangapo, Jumat (24/4).

Lanjutnya, sesuai ketentuan yang diisampaikan Menteri Sosial Juliari P. Batubara,BST tersebut diperuntukan kepada masyarakat yang bukan termasuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako ((BPNT), Karytu Pra Kerja dan program-program bantuan lainnya.

“Dengan kata lain untuk bantuan ini dikhususkan bagi warga yang belum tersentuh oleh bantuan seperti yang dimaksudkan di atas,” tukasnya.

Baca Juga:  Bupati Yasti Safari Ramadhan di Langagon

Musdes pun membicarakan perihal validasi data mengingat data yang ada sekarang adalah yang terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

“Diverifikasi kembali jangan ada yang sudah meninggal, pindah alamat atau saat ini sudah mengalami peningkatan ekonomi,” tandasnya.

Katanya lagi, Pemerintah Desa beripaya agar bantuan ini benar – benar efektif dan diterima oleh warga yang memang membutuhkan.

“Perlu diketahui bagi warga penerima BLT sudah tidak mendapat BST, dan sebaliknya. Ini untuk menghindari terjadinya penerima ganda dan agar spaya bantuan bisa disalurkan secara merata,” tandasnya.

Musdes dipimpin Wakil Ketua BPD Ir. Hoyke Makarawung dan dihadiri perangkat desa serta tim Relawan Covid-19 serta turut dihadiri anggota DPRD Minahasa Moureen Pongantung

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
648 votes

This will close in 10 seconds