Jokowi : Saya Optimis 2021 Adalah Tahun Pemulihan dan Rebound

SULUT,Manadonews.co.id-.Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengikuti kegiatan Musrenbangnas tahun 2020 secara virtual yang dibuka Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Dalam musrenbangnas online yang juga dihadiri Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan seluruh kepala daerah di Indonesia ini, penanganan pandemi covid-19 menjadi prioritas.

Presiden Jokowi meminta semua jajaran bekerja keras dan cepat agar nantinya 2021 Indonesia sudah cepat pulih kembali. Dia mengatakan 2021 merupakan tahun pemulihan ekonomi.

“Saya optimis 2021 adalah tahun pemulihan dan rebound,” kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan selain kecepatan mengatasi Corona, pemulihan juga harus menjadi prioritas. Menurutnya, hal itu penting agar ekonomi bisa berjalan dengan normal seperti sedia kala.

“Selain kecepatan mengatasi Covid-19, kita perlu kecepatan untuk pemulihan,” lanjutnya.

Dia meminta setiap kepada daerah untuk mendata secara detail industri yang terdampak. Kepala daerah juga diminta merancang strategi agar ekonomi kembali normal.

“ldentifikasi detail, memilah secara cermat sektor apa yang terkena dampak paling parah, sektor apa yang dampaknya sedang, dan sektor apa yang bertahan dan justru dapat mengambil peluang yang ada,” ujar Jokowi.

Baca Juga:  BNJ: Selamat Ulang Tahun Pak Gubernur!

Lebih lanjut, Jokowi juga menyebut pandemi Covid-19 momentum melakukan evaluasi. Evaluasi seperti ketergantungan impor dengan negara lain, ketahanan pangan, dan ketahanan ekonomi.

“Kita perlu melihat kembali apa yang perlu kita reformasi dan kita pulihkan,” tutupnya.
(***/stvn)