Gugus Tugas Covid-19 Kota Tomohon: PDP Meninggal dengan Hasil Swab Negatif 4 Orang

PRESS RILIS

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tomohon melalui Juru BIcara Yelly Potuh, SH, dalam rilis yang disampaikan, menguraikan data penyebaran Covid-19 di Kota Tomohon sampai dengan hari Senin tanggal 4 Mei 2020 adalah sebagai berikut :

Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di kota tomohon tidak ada perubahan, tetap tercatat 6 orang, dengan rincian : 1 orang sembuh, 1 orang meninggal dunia, dan 4 orang sedang dirawat di Rumah Sakit. Sebaran pasien : 4 orang dari Kecamatan Tomohon Tengah dan 2 orang dari Tomohon Selatan.

 PDP bertambah 1 orang, yaitu : pasien perempuan/77 tahun, dari Kecamatan Tomohon Timur. Pasien masuk salah satu rumah sakit swasta di Kota Tomohon pada hari Selasa tanggal 28 April 2020, dan saat ini masih dirawat di RS tersebut. Hasil foto thorax menunjukkan bahwa pasien mengalami pneumonia. Untuk hasil pemeriksaan rapid test maupun swab test sedang ditunggu.

Satu(1) PDP dengan hasil pemeriksaan swab test negatif (bukan covid-19) meninggal dunia dalam perawatan sebagai pasien penyakit dalam, yaitu : pasien laki-laki/74 tahun, dari Tomohon Selatan, dengan kronologi : pasien masuk salah satu rumah sakit swasta di Kota Tomohon pada hari Kamis tanggal 16 april 2020 dan dirujuk ke RS Sam Ratulangi Tondano. Terhadap pasien telah dilakukan 2 kali pemeriksaan spesimen swab test dan hasilnya negatif (bukan covid-19), oleh karena itu pasien dipindahkan ke ruangan perawatan biasa. Pasien meninggal dunia pada kemarin hari Minggu tanggal 3 Mei 2020 sekitar pukul 08.30 wita, dan karena status pasien bukan lagi PDP maka terhadap jenazah pasien tidak diberlakukan protokol pemakaman covid-19.

Baca Juga:  Dibawah Pimpinan Rita Tamuntuan, Kinerja Perempuan Sulut Diapresiasi

Kesimpulan yang dapat dirangkum sampai hari ini untuk pdp di kota tomohon setelah diakumulasikan, maka jumlah pdp sampai saat ini adalah 29 orang, dengan rincian :

 PDP dalam perawatan : 6 orang sebaran pasien : 3 orang dari Tomohon Selatan, 2 orang dari Tomohon Barat, 1 orang dari Tomohon Timur. 3 orang dirawat di RSUD Anugerah Kota Tomohon, 2 orang dirawat di RSUP Prof. Kandou, 1 orang dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Kota Tomohon.

PDP meninggal dunia yang hasil pemeriksaan swab test-nya sedang ditunggu : 7 orang sebaran pasien : 4 orang dari Tomohon Utara, 1 orang dari Tomohon Timur, 1 orang dari Tomohon Tengah, 1 orang dari Tomohon Selatan.

PDP  meninggal dunia dengan hasil swab test negatif (bukan covid-19) : 4 orang sebaran pasien : 1 orang dari kec. Tomohon Utara, 1 orang dari kec. Tomohon Tengah, 2 orang dari kec. Tomohon Selatan.

PDP dengan hasil pemeriksaan swab test negatif (bukan covid-19) : 8 orang sebaran pasien : 4 orang dari kec. Tomohon Selatan, 3 orang dari kec. Tomohon Tengah, 1 orang dari kec. Tomohon Timur. Salah satu pasien yang berasal dari kec. Tomohon Selatan meninggal dunia dalam perawatan sebagai pasien penyakit dalam.

Baca Juga:  YonArmed Bogani Terima Pasis Dikreg Seskoad

Terlapor PDP sebelumnya dan kemudian dinyatakan sudah tidak termasuk kriteria PDP : 4 orang sebaran pasien : 2 orang dari kec.tomohon utara, 1 orang dari kec. Tomohon Tengah, 1 orang dari kec. Tomohon Barat. Pasien yang berasal dari kec. Tomohon Barat meninggal dunia dalam perawatan sebagai pasien penyakit dalam.

Pelaku Perjalanan (PP) : 1351 orang, selesai dipantau : 1260 orang, orang dalam pemantauan (ODP) : 10 orang, hasil tracking : 371 orang, hasil pemeriksaan rapid test reaktif tidak ada perubahan, tetap tercatat 16 orang, dengan sebaran : 9 orang dari kec. Tomohon Tengah, 4 orang dari kec. Tomohon Selatan, 2 orang dari kec. Tomohon Utara, 1 orang dari kec. Tomohon Barat. Untuk pemeriksaan spesimen Swab test sedang menunggu hasil.

Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Tomohon

Yunita Rotikan