Girls U26 Peringkat 1, Kids U16 Peringkat 2 Pada 3rd di World Youth Online Championship 2020

MANADO,Manadonews.co.id-.Kids U16 Indonesia tergeser oleh Taiwan setelah menyelesaikan session keenam babak penyisihan Pada 3rd World Youth Online Championship 2020. Padahal mereka sebelumnya selalu memimpin.

Ini terjadi karena mereka hanya menang tipis dari Italia. Indonesia menang 10.33-9.67 VP.
Sementara itu Taiwan berhasil menang telak dari Kanada 17.49-2.51 VP dan berada ditempat kedua jadi bertukar tempat dengan Indonesia.

Dengan hasil ini, Timnas Kids U16 yang terdiri dari Coach: John Tumewu dan NPC: Raf Radiant Agung dengan para pemain : Minyeo Kairupan – Jaedon Kairupan (Sulawesi Utara), Shafa Salsabila – Suyenti Reza Amelia (Sumatera Barat), Edwardana – Jonathan E (Kepulauan Riau) dan Angelica – Rompas – Takwa Winata (Sulawesi Utara) berpeluang besar maju ke babak semi final.

Selanjutnya Indonesia KIDS U16 akan menghadapi Romania yang seharusnya diatas kertas mampu ditundukan para pemain Indonesia karena sementara berada di peringkat terbawah.

Jika Indonesia mampu mempertahankan peringkat maka otomatis tahun 2021 Indonesia akan bermain di Preimer Laegue. Karena sesuai aturan, peringkat 1 dan 2 otomatis akan naik dari First Division ke Preimer League.

Peringkat 3 dan 4 First Division akan play off melawan peringkat 6 dan 5 dari Preimer League untuk menentukan dua regu yang akan bermain di Preimer League tahun 2021.
Peringkat sementara :

Baca Juga:  Penjabat Bupati Hadiri Ibadah HUT Desa Makalisung ke- 161

Taiwan 87.20 VP
Indonesia 84.26 VP
Yunani 76.53 VP
Russia 74.67 VP
Italia 66.67 VP

Sementara itu di kategori Girls U26, Timnas Girls U26 yang terdiri dari :Coach: Elwindra dan NPC: Nur Afifatur R serta para pemain : Diana Aulia Rahma (Gresik) – Azaria Elvinarisa (Kediri), Riska Rahayu N (Pasuruan) – Alysia Ayu S (Pasuruan), Sarah Rotinsulu (Manado) – Aprilia Rimporok (Manado), Poetri Sonya Tarabunga (Bekasi) – Dewita Sonya Tarabunga (Bekasi) dan Roro Joffani Tungga Dewi – Rahma Shaumi (Bandung) sedang dinaungi dewi fortuna.

Walaupun kalah dari Perancis pada session keenam dengan angka 8.13 – 11.87 VP tapi justru naik ke peringkat 1 karena pimpinan klasemen Russia kalah lebih telak lagi dari Norwegia 2.51 -17.49 VP`
Setelah mendapat bye pada session keempat, session kelima mereka mencukur Romania dengan skor 19.91 – 0.09 VP.

Selanjutnya Indonesia Girls U26 akan berhadapan dengan Denmark di session terakhir. Melihat kedudukan sementara di babak penyisihan, Indonesia sudah pasti bertanding tetap di Premier League tahun depan. Karena angka Indonesia sudah tidak mungkin terkejar oleh peringkat 5. Sesuai peraturan pertandingan peringkat 1-4 berhak main di Preimer League tahun 2021.

Baca Juga:  Berikut Harga Tiket Laga Kandang Persipura di Stadion Klabat

Namun dengan melihat lawan di session terakhir adalah Denmark yang berada di peringkat keenam maka peluang Indonesia untuk lolos ke babak semi final cukup besar. Untuk lolos ke babak semi final maka Indonesia harus berada di peringkat 1 atau 2.

Sebab Girls U26 baru dipertandingkan maka belum ada pembagian divisi. Girls U26 di bagi 2 pool. Untuk lolos ke Preimer League hanya peringkat 1-4 dari masing-masing pool yang diambil.

Penentuan juara akan dilakukan antara peringkat 1 dan 2 dari setiap pool, dimana juara 1 Pool A akan berhadapan dengan juara 2 Pool B demikian juga sebaliknya di semi final.
Peringkat sementara kategori Girls U26 Preimer League Pool B :
Indonesia 85.62 VP
Russia 80.70 VP
Norwegia 75.72 VP
Perancis 66.01 VP
Thailand 52.79 VP

Sementara itu di kategori Junior U26, Indonesia yang justru tampil di Priemer League tidak berdaya tahun ini.

Memang ada perbaikan peringkat, naik dari peringkat buncit ke peringkat 7. Namun Timnas Junior U26 dengan Coach: Very Pangkerego dan NPC: Mirza Noprian Utama serta para pemain : Deddy Wirata (Batam) – Fathan Nahar Azali (Cirebon), Jeffrey Prasetya (Berau) – Ika Ayu Puspitasari (Berau),Miftah Afifah (Musi Banyuasin) – Mgs Alfarizi (Palembang),Gatra Wiradika Aprilian (Jember) – Novendra Ravrielyan Bayu Putra (Gresik) dan Scyvo Nelwan – Jordy Moleong (Manado) rasanya sulit bertahan di Preimer League.

Baca Juga:  Steven Liow dan Jim Tindi Buka Kegiatan Bersama Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi

Tim ini terkapar di peringkat 7 sehingga berpeluang degradasi ke first division. Peluang kecil untuk bertahan masih terbuka di session terakhir asalkan mampu menang dari Serbia dan berharap Jerman kalah dari Inggeris.
Karena kalau bisa berada di peringkat 6 maka masih ada kesempatan untuk bertahan di Preimer League asalkan mampu memenangkan babak play-off melawan peringkat 3.

Kejutan besar terjadi disini, dimana Turki tampil begitu perkasa ditempat teratas.
Peringkat sementara Preimer League Pool A U26
Turki 103.19 VP
Denmark 67.49 VP
Serbia 67.02 VP
Kroasia 59.87 VP
USA 55.87 VP

3 tim Indonesia saat ini sedang mengikuti 3rd WBF Youth Online Teams League digelar mulai tanggal 16 Februari 2020 dan akan berakhir 28 Juni 2020 oleh World Bridge Federation.
(Ben)

Tags: