Pemdes Pineleng II Indah Operasikan Mobil Pengangkut Sampah

MANADO,Manadonews.co.id-Pemerintah desa Pineleng mulai sabtu (16/5/2020) segera mengoperasikan mobil pengangkut sampah yang akan berkeliling ke rumah-rumah warga.

Masalah sampah rumah tangga selang beberapa tahun terakhir menjadi persoalan bagi warga pineleng 2 indah, karna pemerintah desa belum memiliki TPA yang tetap sehingga warga kesulitan untuk tempat membuang sampah tangga, meski Pemerintah desa sempat menyediakan konteiner untuk menampung sampah namun tidak berjalan optimal.

Menurut hukum tua desa pineleng 2 Indah , Adrie Kawatu, SH, sesuai dengan perda No 1 Tahun 2012 Pemkab Minahasa untuk retribusi sampah di pungut sebesar Rp 25.000,- namun akan di sesuaikan dengan besar dan luas bangunan.

” Pemdes pineleng 2 Indah akan berkoordinasi dengan BPD agar iuran sampah tersebut bisa menjadi PAD untuk pemerintah desa,” ujar Kawatu.

Sementara itu Marthen Weku, Kabid sampah Dinas kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa, mengatakan untuk jadwal mengangkut sampah akan dilakukan secara rutin setiap hari selasa dan sabtu pagi.

“Meski tidak menutup kemungkinan dari Dinas kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa, juga akan melakukan pengangkutan sampah di luar jadwal yang di tetapkan yakni  pada hari rabu, kamis, jumat,” pungkas Weku.(Ben)

Baca Juga:  Jane Merung Hadiri HUT GMIM Sion Rote Sawangan