Tim Resmob Polres Bitung Ungkap Komplotan Pencuri Minimarket

MANADO,Manadonews.co.id-.Pihak kepolisian berhasil mengungkap Kasus pencurian di tiga minimarket Indomaret yang terjadi pada Kamis (07/05/2020) malam. Komplotan pencuri yang terdiri 2 pria dan 1 wanita, diringkus Tim Resmob Polres Bitung dipimpin Aiptu Janny Tumbuan, Senin (18/05).

Dua tersangka pria berinisial AT alias Abot (18), warga Pakadoodan, Maesa, dan BM (19), warga Perum Asabri, Girian Permai, Girian. Sedangkan tersangka wanita berinisial PT alias Putri (23), warga Sagerat, Matuari.

Ketiganya ditangkap di lokasi berbeda. AT dan PT ditangkap di rumah orang tua AT, di wilayah Pakadoodan, Maesa, sekitar pukul 17.00 WITA. Sedangkan BM dibekuk di rumah orang tuanya, di Perum Asabri, Girian, sekitar pukul 23.00 WITA.

Kasatreskrim Polres Bitung, AKP Taufiq Arifin mengatakan, komplotan ini beraksi di Indomaret Aertembaga, Pateten, dan Bitung Barat.

“Pencurian dilakukan pada hari yang sama, dalam waktu berdekatan. Aksi tersebut terekam CCTV dan sempat viral di media sosial,” ujarnya.

P.T. Indomarko Prisma Tama melalui Shendy Sutandi kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polres Bitung, dengan bukti Laporan Polisi Nomor: LP/353/V/2020/Sulut/Res Btgl, tanggal 18 Mei 2020. Atas kejadian ini, pihak korban mengalami kerugian sebesar Rp. 1.268.400.

Baca Juga:  Lagi, Pelaku Curanmor di Bitung Terciduk

Dalam melancarkan aksinya, komplotan ini masuk ke Indomaret dan berpura-pura sebagai pembeli. Kemudian mencuri sejumlah barang yang disembunyikan di dalam saku jaket yang mereka gunakan, setelah itu melarikan diri.

Malam itu sekitar pukul 20.30 WITA, ketiga tersangka yang berboncengan sepeda motor Honda Scoopy, mengawali aksinya di Indomaret Pateten dengan maksud membeli nuget ayam.

Di dalam Indomaret, AT mencuri 1 buah Marina White Diamond 150 l, PT mencuri 1 buah Marina Sparkel 150 l, dan BM mencuri 2 buah La Tulipe Mate Cream.

Setelah itu ketiganya menuju Indomaret Aertembaga dan kembali mencuri sejumlah barang. AT mencuri 2 buah Marina White Diamond, PT mencuri 1 buah Evangline BLC 100, 2 buah sikat gigi dan 1 buah Emeron Lovely. Sedangkan BM mencuri 2 buah Arnon Bika Coklat.

Merasa aksi mereka aman, ketiga tersangka melanjutkan aksi serupa di Indomaret Bitung Barat. Dengan modus yang sama, AT mencuri 1 buah Marina White Diamond, PT mencuri 1 buah Marina Sparkel 150 l, dan BM mencuri 1 buah Pucelle de Lux Cologne 100 l.

Baca Juga:  Vicky Lumentut Bakal Non Jobkan Hendrik Warokka

Bahkan, ketiga tersangka setelah itu juga sempat masuk ke Indomaret Winenet, namun tidak melakukan pencurian. Ketiganya lalu menuju rumah AT.

Kasatreskrim menerangkan, saat ditangkap AT dan PT baru saja selesai menggunakan psikotropika jenis Bukson, melalui jarum suntik. “Kami berkoordinasi dengan Satresnarkoba untuk melakukan tes urine terhadap AT dan PT, termasuk 3 teman mereka yang saat itu sedang berada bersama-sama kedua tersangka di kamar AT,” terangnya.

Dalam penangkapan tersebut, petugas menyita sejumlah barang bukti. Antara lain, 4 buah Marina White Diamond (2 lainnya habis terpakai); 2 buah Marina Sparkel 150 l; 1 buah Evangline BLC 100; 1 buah Pucelle de Lux Cologne 100 l; serta 1 unit sepeda motor Honda Scoopy warna abu-abu DB 3788 CY yang digunakan tersangka saat beraksi.

Kemudian petugas juga mencari sejumlah barang bukti lainnya. Antara lain, 2 buah La Tulipe Mate; 1 buah Sensodyne; 2 buah Arnon Bika coklat; 2 buah sikat gigi; 1 buah Emeron Lovely, serta 1 buah IDM Book A6.

“Ketiga tersangka beserta sejumlah barang bukti yang sudah ditemukan, telah diamankan di Polres Bitung untuk diperiksa lebih mendalam. Kasus ini masih dikembangkan lebih lanjut,” pungkas Kasatreskrim.
(Ben)

Baca Juga:  Dua Hari Menghilang Menix Ditemukan Tak Bernyawa di Kebun