Natalia Rilli Rompas: Katakan Saya Indonesia, Saya Pancasila!

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Hari ini, Senin 1 Juni 2020, segenap bangsa Indonesia memperingati hari lahir Pancasila.

“Apa sebetulnya makna di balik Hari Lahir Pancasila?” Kata politisi PDI Perjuangan Natalia Rilli Rompas.

Sebelumnya, kita tahu bersama bahwa penentuan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, kata Anggota DPRD Kabupaten Minahasa itu, merujuk pada Keppres Nomor 24 Tahun 2016.

“Dan dalam Keppres itu, Presiden RI Ir. Joko Widodo menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Libur Nasional,” terangnya.

Kembali ke pertanyaan di atas, apa makna di balik peringatan Hari Lahir Pancasila?

“Sebagai generasi bangsa Indonesia, bahwa Pancasila tidak sebatas membaca, menghafal dan mengerti tentang 5 Sila, tetapi harus diimplemetasikan dalam praksis hidup harian,” ujar personil Komisi 3 itu,

Makna lainnya, imbuhnya, begitu besarnya peran Pancasila dalam sejarah bangsa dan negara sehingga mencintai Indonesia, harus mencintai juga Pancasila.

“Sebab dengan memiliki rasa cinta kepada Negara, kita akan memahami betapa pentingnya melestarikan nilai – nilai hakiki dalam lima sila Pancasila untuk dipraktekkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Baca Juga:  Wawali Nayodo Serahkan Mobil Operasional Bumdes Gogaluman Desa Bilalang I

Mengimplementasikan nilai – nilai luhur Pancasila, kata dia, dikaitkan dengan kondisi bangsa sekarang ini yang tengah berupaya memerangi pandemi Covid-19, sangat terlihat melalui kokohnya semangat kebersamaan, semangat bergotong royong (Mapalus) dan semangat sosial,

“Dan itulah identitas kita sebagai bangsa Indonesia dengan Pancasila sebagai sebagai pedoman dasar kehidupan. Mari katakan Saya Indonesia, Saya Pancasila! Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila,” pungkasnya.

Fian