Diresmikan Gubernur Sulut, RS Dr.JH Awaloei Siap Layani Masyarakat

MINAHASA, MANADONEWS.co.id- Pemerintah Provinsi Sulut mengapresiasi dan mendukung penuh pengoperasian Rumah Sakit Dr JH Awaloei yang diresmikan oleh Gubenur Sulut Olly Dondokembey, SE
Rabu (10/6/2020) di Tateli, Kabupaten Minahasa.

“Kita perlu bangga ada dokter asal daerah ini bisa membangun rumah sakit megah seperti yang kita lihat saat ini.” Kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey sebelum pengresmian RS tipe C itu.

Menurut Olly, terlepas dari progres bisnis keluarga besar Awaloei, kehadiran rumah sakit ini sangat tepat waktu dikaitkan dengan meningkatkan kebutuhan ruangan inap bagi pasien terkonfirmasi Positif Covid-19.

“Keberadaan rumah sakit ini benar akan menjadi penunjang upaya pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam melayani pasien Covid-19.”ujar Olly sambil berterima kasih atas dan berharap agar rumah sakit ini juga dapat memaksimalkan pelayanan pasien kelas 3.

Ditempat yang sama, Bupati Minahasa Royke Roring kepada wartawan menegaskan proses pembangunan rumah sakit ini sangat sesuai dengan rencana sebelumnya, yakni akan membantu pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa untuk pelayanan kesehatan yang saat ini telah disiapkan.

Baca Juga:  Gubernur Olly dan Bupati VAP Tinjau Proyek Waduk Kuwil Serta Terowongan

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara saya mengucapkan selamat beroperasinya RS Dr.JH Awaloei hari ini.”tandas Roring.

Sementara itu, Direktur Utama RS Dr.HL Awaloei Dr Boy Eduard Wayong, Mkes kepada media ini menuturkan, secara teknis semua pelayanan dasar layaknya RS Tipe C akan dimulai besok (Kamis 11/6/2020).

“Puji Tuhan seluruh proses pembangunan hingga seremoni peresmian hari berjalan sesuai perkenanNYA.”ujarnya.

Dia menuturkan,dengan mulainya beroperasi maka langkah selanjutkan mempersiapkan segala syarat Akreditas sehingga dapat melayani pasien terkait dengan BPJS.

“Yang pasti dengan peresmian hari ini maka satu persatu kelengkapan pelayanan dan sarana pendukung dan SDM akan dilengkapi agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.”tegas Wayong.

Komisaris PT Success Medika Pitroni Dr JH.Awaloei,Sp.PD(Finasim),KKV pada kesempatan itu mengatakan bahwa rencana dan proses pembangunan RS tipe C ini, dia lakukan dengan keraguan banyak pertimbangan khususnya berkaitan dengan pembiayaan.

“Jika saya hanya larut dalam keraguan soal modal, maka hari ini rumah sakit ini tidak pernah akan ada seperti saat ini.”tandas salah seorang dokter tertua di Sulut itu sambil menambahkan inisiatif membangun rumah sakit ini awalnya berkat dorongan keluarga dan sesama rekan sejawat yang didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Pemerintah Provinsi Sulut.

Baca Juga:  Pemprov Sulut Seriusi Masalah COVID-19

Adapun peresmian ini diwarnai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Sulut dan Bupati Minahasa, penguntingan pita oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey serta ibadah singkat yang dipimpin oleh Pdt dr. Lenny Matoke,Sp.S. MA.

Turut hadir pada saat itu Ketua DPRD Sulut, Dekan Fakultas Kedokteran Unsrat Dirut RSUP Kandouw, Dirut RS Pancaran Kasih, mitra BPJS, perbankan serta para perwakilan perusahaan Farmasi dan para calon mitra lainnya.(nando)