Dari Hasil Usaha Kue, Mama Ayu Bisa Menuanaikan Ibadah Naik Haji

Manadonews.co.id, Kotamobagu — Tekun dalam menjalani usaha sebagai penjual kue Kolombeng, Hj Nita Hamid (53) warga Desa Poyowa Besar I Kecamatan Kotamobagu Selatan, patut diteladani, karena dengan usaha tersebut Mama Ayu sapaan akrabnya. bisa menunaikan rukun Islam ke Lima, naik haji.

Mama Ayu mengisahkan, sebelum membuka usaha kue kolombeng tahun 2009 silam, awalnya ia menjajakan pisang goreng, kolak kacang ijo (hijau) dan mie di kantin koperasi yang hanya berada didepan rumahnya. “Dulu saya jualan di kantin koperasi. Tapi sekarang kantor Koperasi itu sudah tidak ada lagi,” ujarnya,.

Diwaktu yang bersamaan, bersama sejumlah warga, mama ayu membentuk kelompok usaha yang diberi nama usaha Inaton. Produk yang dijual nata de coco. Namun, usaha nata de coco tidak berjalan lama dan terhenti. Karena keterbatasan peralatan, bahan baku dan sulit dipasarkan, anggota kelompok akhirnya bubar dan mendirikan usahanya masing-masing. Disaat itu juga, mama Ayu dan saudara sepupunya mendirikan usaha kue Kolombeng.

“Dengan modal seadanya saya dan sepupu memilih membuat usaha Kolombeng ini. Awalnya dijual di warung-warung yang ada di kampung. Ternyata banyak yang berminat dan hasil penjualannya bagus,” urainya.

Baca Juga:  Kodim 1302 Minahasa Gelar Upacara, Kasdim Irup

Seiring berjalan waktu, usaha kolombeng milik Mama Ayu mulai berkembang hingga sekarang ini. Bahkan, kue ini sudah tersedia di sejumlah Supermarket dan menjadi ole-ole khas Kotamobagu, yang dikemas dengan ukuran 250 gram hingga 750 gram.

“Sudah 10 tahun ini berjalan. Alhamdulillah berkat dari usaha ini saya naik haji pada tahun 2019. Tapi sebelumnya juga saya sudah pernah naik haji pada tahun 2009 lalu,” terangnya.

Karena pandemi Covid-19 beberapa bulan ini, omzet penjualan kue kolombeng menurun. Tak patah arang Mama Ayu pun mencoba peruntungan lain dengan membuka pesanan kue Moca.

“Untuk kue Kolombeng di masa pandemi ini saya tinggal membuat sesuai pesanan saja. Biasanya pesanan dari Toko Paris. Selain itu, sekarang ini saya menerima juga pesanan kue moca. Harganya tergantung ukuran mulai dari harga Rp 75 ribu hingga 150 ribu. Untuk pemesanan bisa menghubungi nomor tlp/WA: 081340121054,” pungkasnya.(*/MLS)

Tags: