Gubernur Sulut Tidak Melarang Mal dan Rumah Ibadah di Buka, Sepanjang Komitmen Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

MANADO,MANADONEWS.co.id- Gubernur Sulut Olly Dondokambey,SE menegaskan pemerintah tidak melarang aktivitas perekonomian yang mampu menjamin keselamatan dan kesehatan pada masa Pandemi Covid-19 saat ini.

“Sepanjang pengelola mampu memberikan jaminan soal protokol kesehatan Covid-19,saya kira sudah saatnya diberi kesempatan untuk beroperasi.”kata Olly Dondokambey, SE di kediamannya, Rabu(17/6/2020) semalam.

Menurut Olly Dondokambey, pada prinsipnya saat ini pemerintah pusat dengan berbagai pertimbangan kita sudah harus masuk dalan era New Normal tapi tetap mengedepankan faktor keselamatan dan kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Saya kira Mal di Manado sama dengan Mal yang ada di kota besar lainnya yang sangat memperhatikan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19,jadi apa salahnya dibuka.”ujar dia.

Olly menambahkan, pembukaan Mal juga salah satu solusi untuk pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19, sebab karena kurangnya Mal atau pusat perbelanjaan yang buka, maka resiko penumpukkan warga berbelanja pada pusat perbelanjaan yang beroperasi sangat tinggi.

“Kalau semua Mal atau pusat pertokoan di Sulut buka kembali, maka dengan sendirinya masyarakat yang berbelanja akan tersebar lebih luas.”kata Olly.

Baca Juga:  OPD Wajib Bantu Auditor BPK

Untuk itu ujar Olly, mengikuti anjuran pemerintah agar pencegahan dan penangganan Covid-19 harus dibarengi dengan upaya mengatasi dampak ekonomi salah satunya menghidupkan dan menggerakan kembali perekonomian di seluruh Sulut.

Namun kata Olly, jika pusat pertokoan dan fasilitas publik lain pemerintah buka kembali, perlu dukungan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat mematahui anjuran pemerintah antara lain memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

“Sebentar lagi Pergub Sulut tentang New Normal akan segera terbit, jadi seluruh komponen sosial dan ekonomi masyarat di Sulut harus bangkit dan bersama-sama menghadapi kondisi yang ada sesuai dengan anjuran dasar Protokol kesehatan Covid-19.”tandas Gubernur Olly Dondokambey sambil menegaskan tidak saja pasar tradisional tapi pusat perbelanjaan moder termasuk tempat-tempat ibadah sepanjang mampu dan komitmen menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah dapat dibuka kembali.(nando)