Update Data Covid-19 Kota Tomohon, Jumat 19 Juni 2020

SIARAN PERS JUMAT, 19 JUNI 2020

SALAM SEHAT SELALU! BEBERAPA INFORMASI GUGUS TUGAS UNTUK HARI INI ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

1. SESUAI INFORMASI DARI GUGUS TUGAS COVID-19 PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA, MAKA HARI INI TOTAL JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON MENJADI 41 ORANG (SEBELUMNYA 40 ORANG), KARENA HASIL SWAB TEST DARI 1 ORANG PDP YANG TELAH MENINGGAL DUNIA MENYATAKAN BAHWA PASIEN POSITIF COVID-19.

NAMUN ADA KABAR BAIK YANG DITERIMA GUGUS TUGAS HARI INI, YAITU BERTAMBAH LAGI 1 ORANG PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG TELAH DINYATAKAN SEMBUH. DENGAN DEMIKIAN DI KOTA TOMOHON SUDAH 20 ORANG PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SEMBUH. INI PATUT KITA SYUKURI BERSAMA, DAN OLEH KARENA ITU KEMBALI SELURUH MASYARAKAT DIEDUKASI BAHWA COVID-19 BISA SEMBUH. MARI KITA TETAP OPTIMIS, TETAP SEMANGAT, BERJUANG BERSAMA, SAMBIL TETAP PATUH DAN TAAT PADA HIMBAUAN PEMERINTAH DAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA KETAT.

2. JUMLAH PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) DI KOTA TOMOHON HARI INI BERTAMBAH 1 ORANG PASIEN BARU, NAMUN KABAR BAIK JUGA DITERIMA GUGUS TUGAS BAHWA 2 ORANG PDP YANG SEBELUMNYA DIRAWAT TELAH KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF DAN DIKATEGORIKAN BUKAN LAGI PDP. SEPERTI YANG SUDAH BEBERAPA KALI DISAMPAIKAN SEBELUMNYA, BAHWA STATUS SEBAGAI PDP DARI SEORANG PASIEN BERDASARKAN DIAGNOSIS AWAL BELUM BERARTI YANG BERSANGKUTAN POSITIF COVID-19, NAMUN PASIEN TETAP DITANGANI SESUAI PROTOKOL COVID-19 SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN SEBELUM DITERIMANYA HASIL SWAB TEST SEBANYAK DUA KALI NEGATIF, ATAU HINGGA PIHAK RUMAH SAKIT MENYATAKAN PASIEN TIDAK LAGI MASUK KRITERIA PDP.

KITA SELALU BERHARAP HASIL SWAB TEST PASIEN ADALAH NEGATIF (BUKAN COVID-19), NAMUN JIKA PUN HASILNYA POSITIF MAKA PASIEN SUDAH DITANGANI SESUAI PROTOKOL YANG BERLAKU.

3. MARI BERSAMA-SAMA KITA LAWAN DAN PUTUSKAN MATA RANTAI PENYEBARAN COVID-19 DI KOTA TOMOHON DENGAN CARA : • SELALU BERDOA DAN MENDEKATKAN DIRI KEPADA TUHAN; • MENGHINDARI KERUMUNAN; • MENJAGA JARAK FISIK DENGAN ORANG LAIN MINIMAL 2 METER; • SELALU GUNAKAN MASKER JIKA HARUS KELUAR RUMAH; • RAJIN MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN DI AIR MENGALIR; • JANGAN MENYENTUH BAGIAN WAJAH TERUTAMA MATA, HIDUNG, DAN MULUT SEBELUM MENCUCI TANGAN; • TINGKATKAN IMUNITAS TUBUH DENGAN MAKAN MAKANAN BERGIZI DAN RAJIN BEROLAHRAGA; • TERAPKAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS).

Baca Juga:  Wagub Kandouw : Pemuda GPdI Harus Memperkuat Mental

SELANJUTNYA, STATUS TERKINI PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI KOTA TOMOHON ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

I. PELAKU PERJALANAN (PP) : 1505 ORANG (SEBELUMNYA 1499 ORANG / BERTAMBAH 6 ORANG)

II. ORANG DALAM PEMANTAUAN (ODP) : 43 ORANG (SEBELUMNYA 43 ORANG / TETAP)

III. PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) PDP BERTAMBAH 1 ORANG YAITU : PASIEN PEREMPUAN (49 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON TENGAH, YANG DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON SEJAK HARI RABU TANGGAL 17 JUNI 2020 (MASUK POIN III.A).

PDP YANG SEMENTARA DIRAWAT (POIN III.A) BERKURANG 2 ORANG YANG  TELAH KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF  (BUKAN COVID-19) PINDAH KE POIN  IV., YAITU : (1) PASIEN LAKI-LAKI (28 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON TENGAH, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON. (2) PASIEN LAKI-LAKI (74 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI  TOMOHON. 

PDP MENINGGAL DUNIA MENUNGGU HASIL SWAB TEST (POIN III. BERKURANG  1 ORANG YANG TELAH TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 SESUAI INFORMASI  GUGUS TUGAS COVID-19 PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA PADA KEMARIN HARI, KAMIS TANGGAL 18 JUNI 2020 (PINDAH KE POIN V.C), YAITU : PASIEN LAKI-LAKI (73 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG  TELAH MENINGGAL DUNIA DI RSUP PROF. KANDOU PADA HARI KAMIS  TANGGAL 4 JUNI 2020 SEKITAR PUKUL 18.21 WITA, RUJUKAN DARI SALAH  SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON. ALMARHUM MEMILIKI KTP  MALUKU UTARA, TINGGAL DI MANADO, DAN DIMAKAMKAN DI MANADO.

DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) SAMPAI  HARI INI TERCATAT 21 ORANG (SEBELUMNYA 23 ORANG), DENGAN RINCIAN  SEBAGAI BERIKUT:

III.A PDP SEMENTARA DIRAWAT : 13 ORANG (SEBELUMNYA 14 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG PASIEN BARU NAMUN  BERKURANG 2 ORANG) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 3 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TIMUR, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH,  2 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 4 ORANG DARI KEC.  TOMOHON SELATAN. 1 ORANG DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI MANADO, 1 ORANG  DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON, 11 ORANG DIRAWAT DI DUA  RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON.

III.B PDP MENINGGAL DUNIA MENUNGGU HASIL SWAB TEST : 5 ORANG (SEBELUMNYA 6 ORANG / BERKURANG 1 ORANG) SEBARAN : 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. III.C PDP KELUAR RUMAH SAKIT MENUNGGU HASIL SWAB TEST :  3 ORANG (SEBELUMNYA 3 ORANG / TETAP) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 1 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

Baca Juga:  Pemprov Sulut Segera Susun Pergub IMB Tahan Gempa

IV. BUKAN PDP PASIEN KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF /  BUKAN COVID-19 (POIN IV.BERTAMBAH 2 ORANG (PINDAHAN DARI POIN III.A), YAITU : (1) PASIEN LAKI-LAKI (28 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON TENGAH, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON DENGAN STATUS PDP.  (2) PASIEN LAKI-LAKI (74 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON DENGAN STATUS PDP.  DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN BUKAN PDP SAMPAI HARI INI  TERCATAT 56 ORANG (SEBELUMNYA 54 ORANG),

DENGAN RINCIAN SEBAGAI  BERIKUT: IV.A PASIEN SEMULA PDP NAMUN MENINGGAL DUNIA BUKAN COVID-19  KARENA KEMUDIAN HASIL SWAB TEST NEGATIF : 20 ORANG (SEBELUMNYA 20 ORANG / TETAP) SEBARAN : 7 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 9 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. IV.B PASIEN KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF (BUKAN COVID-19) : 28 ORANG (SEBELUMNYA 26 ORANG / BERTAMBAH 2 ORANG) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 8 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 13 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. IV.C TIDAK TERMASUK KRITERIA PDP : 8 ORANG (SEBELUMNYA 8 ORANG / TETAP) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

V. TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 GUGUS TUGAS COVID-19 PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA TELAH MENGINFORMASIKAN PADA KEMARIN HARI, KAMIS TANGGAL 18 JUNI 2020, BAHWA PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON BERTAMBAH 1 ORANG, YAITU : PASIEN LAKI-LAKI (73 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG TELAH MENINGGAL DUNIA DI RSUP PROF. KANDOU PADA HARI KAMIS TANGGAL 4 JUNI 2020 SEKITAR PUKUL 18.21 WITA, RUJUKAN DARI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON. ALMARHUM MEMILIKI KTP MALUKU UTARA, TINGGAL DI MANADO, DAN DIMAKAMKAN DI MANADO (DARI POIN III.B PINDAH KE POIN V.C). PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG DINYATAKAN SEMBUH (POIN  V  BERTAMBAH 1 ORANG (PINDAHAN DARI POIN V.A), YAITU : PASIEN LAKI-LAKI (17 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON TENGAH, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI  TOMOHON. DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19  DI KOTA TOMOHON SAMPAI HARI INI TERCATAT 41 ORANG (SEBELUMNYA  40 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT : V.A SEMENTARA DIRAWAT : 17 ORANG (SEBELUMNYA 18 ORANG / BERKURANG 1 ORANG) SEBARAN : 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 2 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT,  10 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 12 ORANG DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON, 3 ORANG DIRAWAT  DI DUA RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON, 2 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT DI MANADO. V.B SEMBUH : 20 ORANG (SEBELUMNYA 19 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG) SEBARAN : 9 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 11 ORANG DARI KEC.  TOMOHON SELATAN. V.C MENINGGAL DUNIA : 4 ORANG (SEBELUMNYA 3 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 2 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

Baca Juga:  Aktivitas Pelabuhan Melonguane Mulai Ramai

VI. SELESAI PEMANTAUAN DAN DINYATAKAN SEHAT : 1415 ORANG (SEBELUMNYA 1409 ORANG / BERTAMBAH 6 ORANG)

VII. TRACKING SUDAH DILAKUKAN TERHADAP 1548 ORANG (SEBELUMNYA 1260 ORANG / BERTAMBAH 288 ORANG)

VIII. RAPID TEST REAKTIF JUMLAH HASIL PEMERIKSAAN RAPID TEST REAKTIF SAMPAI HARI INI TIDAK ADA PERUBAHAN, TETAP SAMA DENGAN KEMARIN HARI YAITU TERCATAT 82 ORANG. SEBARAN : 16 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 9 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 20 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 32 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 2 ORANG MENINGGAL DUNIA DENGAN HASIL SWAB TEST NEGATIF, 20 ORANG DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF, 12 ORANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 (3 ORANG SEMBUH, 2 ORANG MENINGGAL DUNIA, 7 ORANG SEMENTARA DIRAWAT), DAN 48 ORANG MENUNGGU HASIL SWAB TEST. DEMIKIAN SIARAN PERS GUGUS TUGAS HARI INI. MARI KITA SELALU BERDOA DAN MENDEKATKAN DIRI KEPADA TUHAN YANG MAHA KUASA, AGAR PANDEMI COVID-19 INI SEGERA BERLALU. TERIMA KASIH, SALAM SEHAT SELALU.***

GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 PEMERINTAH KOTA TOMOHON

Yunita Rotikan