SPO Tahun 2020 di Mitra, Tomut Capai Hasil Tertinggi, Disusul Touluaan

MITRA, ManadoNews.co.idCapaian Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020 di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) hingga hari terakhir dibuka pada 29 Mei lalu, berada pada angka 42,73 persen .

Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), dari 12 kecamatan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Kecamatan Tombatu Utara (Tomut) tertinggi capaian hasil sensus penduduk online disusul kecamatan Touluaan.

“Hasil SPO Kecamatan Tombatu Utara hingga terakhir pendaftran 29 Mei 2020 lalu mencapai 67,82 persen. Persentase ini sendiri tertinggi di 12 kecamatan se-Mitra,” sebut Camat Tombatu Utara Helda Mokat.

Lanjut dikatakan Mokat, sejak pendaftaran dilakukan 15 Februari 2020 kemudian diperpanjang hingga 29 Mei 2020, pihaknya langsung mendorong seluruh aparatur pemerintah desa untuk memaksimalkan kegiatan sensus penduduk yang dilkukan secar online.

“Dan kami bersyukur atas kerja-kerja hukum tua secara khusus para kepala jaga, Kecamatan Tombatu Utara boleh meraih hasil tertinggi sekaligus melampaui yang ditargetkan pemerintah kabupaten,” ungkap Mokat.

Disisi lain, Camat Touluaan Rudolf Rondonuwu mengungkapkan bahwa, dalam pelaksanaan SPO pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin. “Yang pasti capaian 62,90 persen sudah maksimal meski target meraih hasil tertinggi belum bisa kita capai,” jelas Rondonuwu, Rabu (24/06/2020).

Baca Juga:  Berikut Wilayah Rawan Longsor Dan Banjir di Bolmong

Meski begitu, dikatakan Rondonuwu, pihaknya mengapresiasi seluruh aparat desa yang sudah berkerja maksimal selama tahapan SPO berlangsung. Secara khusus menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah cukup tinggi antusiasnya selama pendaftaran berlangsung.

“Perangkat sudah secara aktif. Kesadaran tinggi pun ditunjukan antar tetangga dengan saling membantu dalam melakukan pendaftaran online. Meski harus diakui ada juga kendala soal ketidaktahuan masalah teknologi baik dari masyarkat didalamnya perangkat desa,” pungkas Rudolf.

(gerimokobimbing)