Kampung Tangguh Linow jadi Pilot Project

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak melaunching Kampung Tangguh Linow Kepolisian Resor Tomohon, Kamis (27/6).

Kampung tangguh linow di Kelurahan Lahendong merupakan pilot project kampung tangguh nusantara, sebagai upaya dan antisipasi sekaligus kesiapsiagaan memerangi pandemi covid-19.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Polres Tomohon atas terobosan dan inovasi, yang menghadirkan kampung tangguh untuk Tomohon tangguh,” kata Eman mengawali sambutannya.

Wali Kota juga mengapresiasi kesiapan Polres Tomohon dalam menghadapi tatanan normal baru produktif aman dari covid-19.

“Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya melakukan yang terbaik bagi masyarakat Kota Tomohon. Begitu juga dengan jajaran Kepolisian Resor Tomohon yang telah menyiapkan kampung tangguh linou di kelurahan lahendong sebagai pilot project kampung tangguh nusantara dalam upaya dan antisipasi, sekaligus kesiapsiagaan memerangi covid-19 di Kota Tomohon, agar benar-benar dalam keadaan kuat menghadapi pandemi, yakni kuat dari sisi pangan, ekonomi, keamanan dan informasi,” papar Wali Kota.

Baca Juga:  Kajati Sulut Bersama Kapolda Sulut Bahas Soal Penegakan Hukum Covid-19 Hingga Pilkada 2020

Dikatakannya, launching pilot project kampung tangguh covid-19 patut diapresiasi sebagai langkah inovatif dalam upaya menanggulangi covid-19.

“Hadirnya kampung tangguh merupakan gerakan positif untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada masyarakat di era new normal life seperti sekarang ini. Semua ini sebagai langkah yang sangat baik, upaya kuat kelurahan bersama jajaran Polres Tomohon dan pemerintah Kota Tomohon dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona dan kami sangat mengapresiasi,” urainya.

Kampung tangguh linow yang adalah ”pilot project kolaboratif, berupa gerakan atau laksi nyata di daerah yang melibatkan masyarakat baik personal atau kelompok, serta komponen terkait lainnya dalam menghadapi bencana alam maupun non alam, yang fokus utama saat ini adalah menghadapi covid-19 dengan mengedepankan enam kriteria kampung tangguh yakni tim keamanan, tim humas, tim medis, ruang isolasi, obat-obatan dan persediaan pangan.

Ke depan seluruh kelurahan di Kota Tomohon menjadi kampung tangguh, dengan menggali potensi yang ada di setiap kelurahan untuk kesejahteraan.

“Agar rakyat kita selalu kuat dan produktif seperti memanfaatkan lahan kosong di kebun, di halaman belakang atau samping rumah yang diolah menjadi taman pangan terpadu. Menerapkan beberapa model penanaman tanaman pangan seperti konvensional, aquaponik, dan hidroponik di sekitar rumah atau kantor. Nantinya hasil dari taman pangan terpadu ini akan mampu memenuhi ketersediaan pangan, baik untuk personel polres tomohon maupun masyarakat sekitarnya. Inilah yang menjadi contoh dari Polres Tomohon dalam menciptakan kampung tangguh nusantara,” ujarnya.

Baca Juga:  Fenomena Unik di Minahasa Pasca Gempa Bumi Besar

Usai launching kampung tangguh linow Walikota bersama jajaran Forkopimda mengunjungi dan memantau Rumah Singgah Kelurahan Lahendong, Walikota bersama Forkopimda menyerahkan bantuan serta memberi semangat sebagai bentuk kepedulian kepada para penghuni Rumah Singah.

Turut hadir Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, SE, Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot, SIK, MH, Dandim 1302 Minahasa Letkol. Inf. Slamet Raharjo, S.Sos, M.Si, serta jajaran pemerintah Kota Tomohon lainnya.

Yunita Rotikan