Ranperda Lapjab APBD 2019 Disetujui Jadi Perda, Ini Kata Bupati Minahasa

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Bupati Minahasa Dr Ir. Royke Octavian Roring M.Si (ROR) dan Wakil Bupati Minahasa Dr Robby Dondokambey SSi, MM (RD) melalui Video Conference Mengikuti Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka Persetujuan Penetapan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Minahasa Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019 Menjadi Peraturan Daerah; Kamis (2/7), di Ruang Sidang Kantor DPRD Minahasa

Rapat dihadiri Forkopimda Kab Minahasa, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu S.Sos, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw SE, Wakil Ketua I DPRD Kab. Minahasa Okstesi Runtu, Wakil Ketua II DPRD Kab. Minahasa Denny Kalangi, Anggota DPRD Kab. Minahasa serta Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa menyampaikan puji dan syukur kehadirat Tuhan yang maha kuasa karena atas kasih dan anugerahNya semua dalam keadaan sehat untuk mengikuti rapat DPRD Kabupaten Minahasa meskipun dalam suasana dan kondisi yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19 sehingga mewajibkan semua untuk mengikuti Protokol Kesehatan dalam setiap kegiatan.

Baca Juga:  Supervisi di Sultra, Kombes Pol Aridan Roeroe Jadi Narsum Tupoksi Sabhara PAM Pilkada 2018

” Menjadi kebanggaan kita bersama, bahwa seluruh pembahasan dan pengkajian materi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2019, yang tahapan prosesnya mulai dari penyampaian, pemandangan umum fraksi, dilanjutkan dengan rapat komisi, peninjauan lapangan serta pemandangan akhir fraksi yang bermuara pada penetapan Rancangan Peraturan Daerah, telah berjalan sesuai harapan dalam koridor aturan yang berlaku,” kata ROR mengawali sambutannya.

Proses ini, katanya, harus diwujudnyatakan, sebagai bagian dari akuntabilitas publik atas kepercayaan dan amanat yang diembankan kepada kita masing – masing.

“Kami juga memberikan apresiasi Kepada segenap anggota dewan yang terhormat yang sudah mengawal alokasi anggaran penanganan covid 19 di Kabupaten Minahasa,” ujarnya.

Imbuh Bupati ROR, Pemerintah Kabupaten Minahasa memberikan apresiasi dan rasa terima kasih yang tinggi kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gupernur Steven O E Kandouw, untuk menuntaskan permasalahan eceng gondok pada akhir tahun 2020.

“Ini menunjukan bahwa sinergitas pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten Minahasa tetap berjalan dengan baik dan harmonis,” ucapnya.

Baca Juga:  Wawali Tutup perkemahan PMR Tomohon.

Kepada segenap jajaran eksekutif di Kabupaten Minahasa, Bupati minta agar saat ini dan ke depan dapat bekerja tetap dengan ketulusan dan kejujuran serta hati nurani yang bersih untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Minahasa.

“Pada tanggal 30 juni 2020 Pemerintah juga telah membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), yang dilaksanakan di 2 kecamatan yaitu Desa tempang Tiga Kecamatan Langowan Utara dan Desa Totolan kecamatan Kakas Barat, tentunya Pemerintah sangat berterima kasih kepada TNI dalam hal ini, Kodam XIII Merdeka, Korem 131 Santiago, dan Kodim 1302 Minahasa,” urainya.

Pada bagian lain, Bupati menerangkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru menuju masyarakat Prodiktif dan aman covid 19 di Provinsi Sulawesi Utara.

“Saya berharap dengan adanya Pergub ini bisa ditindak lanjut dan diterapkan di Kabupaten Minahasa sebagai dasar kita semua memasuki tatanan normal baru dalam menghadapi pandemi yang melanda negeri ini,” tukasya.

Baca Juga:  Jalin Kerjasama,Hari Ini Bawaslu Sulut Gelar Pertemuan Dengan IWO

” Demikian yang dapat saya sampaikan dalam rapat paripurna dewan yang terhormat ini, untuk itu saya mengajak dan mengharapkan para anggota dewan yang terhormat untuk mengawasi dan mengawal semua program dan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Minahasa, agar sesuai mekanisme serta tentu sesuai ketentuan perundang – undangan yang berlaku. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita dalam mengemban tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh masyarakat,” pungkas Bupati.

Yunita Rotikan