Panelewen Himbau Masyarakat tak Ragu Berobat ke RSUP Kandou

MANADO,Manadonews.co.id-.Sejak pandemi Covid-19 Mewabah sejak bulan Februari  lalu termasuk di Sulawesi utara, fenomena yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini membuat pendapatan RSUP Kandou menurun drastis.

Jika biasa terlihat keramaian pasien yang datang ke rumah sakit RSUP Kandou Manado, baik itu di rawat jalan, rawat inap, maupun gawat darurat. Hal ini terjadi oleh karena ketakutan dari masyarakat untuk datang berobat ke RS Kandou.

Menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini masyarakat tidak perlu panik yang berlebihan, tetapi yang diperlukan adalah kewaspadaan dengan cara menerapkan perilaku hidup sehat dan protokol pencegahan Covid-19 dalam kehidupan kita sehari-hari dan kehidupan bersosialisasi dengan orang lain. Masyarakat enggan datang berobat di RS Kandou karena takut tertular virus Corona yang saat ini belum ada obat dan vaksinnya

Stigma negatif  yang muncul dari  warga di Sulawesi Utara terhadap RSUP Kandou terkait Virus Corona (Covid-19). Hal ini ditegaskan Dirut Dr.dr.Jimmy Panelewen, SpB-KBD, kepada sejumlah awak media Senin (6/7/2020).

Menurutnya jika biasanya pasien yang rutin datang ke RS Kandou untuk datang mengontrol rutin penyakitnya, memilih menahan sakit mereka di rumah sehingga setelah kondisi mereka sudah parah baru dibawa oleh keluarganya ke RS Kandou, bahkan ada yang berakhir dengan kematian di rumah sebelum sempat dibawa berobat. hal ini berimbas pendapat RSUP Kandou jauh menurun.

Baca Juga:  Wagub Kandouw Buka Kejurda Tenis Sulut 2019

“Masyarakat tidak perlu ragu dan khawatir untuk datang berobat di RS Kandou, karena rumah sakit kami telah membedakan antara pasien Non-Covid, bahkan yang dicurigai atau suspek ODP dan PDP Covid-19, yang terkonfirmasi positif Covid -19,” ujar Dirut.

Dirut menambahkan RSUP Kandou memiliki alur dan prosedur khusus untuk penanganan Covid-19. dengan tetap mengikuti protokol kesehatan  Covid-19 yang sudah di tetapkan, saat datang ke RS Kandou, seperti menggunakan masker dengan baik dan benar, rajin cuci tangan, jaga jarak minimal 2 meter, terapkan etika batuk dan buang ludah dengan benar.

“Serta jangan menyentuh area wajah sebelum mencuci tangan, dan segera ganti baju saat tiba di rumah.
(Ben)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
79 votes

This will close in 10 seconds