85,67 Persen Bangunan Warga Kotamobagu Belum Mengantongi IMB

Manadonews.co.id, Kotamobagu — Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu, Santy Arva ST, mengungkapkan jika masih banyak masyarakat yang belum sadar tentang perlunya mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) terhadap bangunan milik warga.

Bahkan menurut Santy, hingga memasuki Bulan Mei Tahun 2020, baru berkisar 14,33 Persen bangunan di Kota Kotamobagu yang mengantongi IMB.

“Dari data yang kami miliki disetiap Kelurahan dan Desa untuk IMB masih sangat minim dan berkisar di angka 14,33 Persen, sehingga sisanya masih di angka 85,67 Persen yang belum mengantongi IMB,” jelas Santi, Selasa (7/7).

Ia juga menyampaikan, kurangnya kesadaran masyarakat dalam pengurusan IMB, membuat pihaknya akan melakukan pengusulan anggaran penyusunan data base bangunan di Kota Kotamobagu.

“Kita sudah merencanakan untuk mengusulkan anggaran guna penyusunan data base terkait akurasi data bangunan mana yang telah ber-IMB atau yang belum Kantongi IMB,” tegas Santy.

Lebih lanjut disampaikan Santy, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa mengikuti aturan Perda terkait IMB sehingga tidak terjadi hal yang buruk dikemudian hari.

Baca Juga:  Diterima Walikota Lumentut, MNC Group Sematkan Label 'Kota Paling Toleran' untuk Kota Manado

“Silahkan mengurus IMB dengan memdatangi dinas terkait dalam hal ini DPMPTSP Kotamobagu. Setelahnya sesuai alur prosedur di Dinas PUPR akan mengkaji secara tehnis soal dampak bangunan yang didirikan untuk penertiban IMB,” tukasnya

(MLS)

Tags: , ,